Seputar Peluang Usaha Terbaru

Download Free Android Apps

Label 1

Ads 728x90

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Featured Games
Cookie Consent

We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back
Featured Apps

Labels

APMODY

Mauris lacus dolor, ultricies vel sodales ac, egestas vel eros.

Popular Posts

Ad Space 300x250
Buy Now
Responsive Adsense Ad Here
Buy Now
APMODY: the best blogger template for posting apps as well as articles in one blog.. Get now!

Popular Posts

Pedoman Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2019 (Juknis Harkitnas
ke-111 Tahun 2019)
Mei 13, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Download Juknis/Juklak/Pedoman Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2019 (Harkitnas) ke-111_Setiap tanggal 20 Mei, bangsa kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), hari yang menjadi momentum perjuangan seluruh rakyat Indonesia, yang ditandai dengan kelahiran organisasi Budi Oetomo pada tahun 1908. Kebangkitan nasional merupakan bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk memajukan diri melalui gerakan organisasi yang sebelumnya tidak pemah muncul selama penjajahan. Sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial yang menjadi cikal bakal gerakan yang bertujuan untuk mencapai kemerdekaan 1ndonesia. Dokter Wahidin Soedirohoesodo dan dr. Soetomo telah menanamkan konsep perjuangan intelektual melalui pembentukan organisasi untuk membangun kebersamaan dan persatuan antar elemen bangsa. Proses perjuangan mereka yang dilanjutkan oleh para pejuang lain telah menghasilkan lahirnya bangsa besar dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita kenal sekarang ini.

Tanggal 20 Mei 2019, Bangsa Indonesia kembali untuk memperingati hari dimana pernah terjadi sebuah peristiwa yang amat luar biasa maknanya. Hari dimana para pahlawan bangsa mengalami titik puncak yang menjadi awal kebangkitan rasa nasionalisme, sehingga mampu menggetarkan kekuatan penjajah dan merebut kemerdekaan. Perlu kita sadari dan ketahui bersama, kita tidak akan mengecap sebuah keindahan nuansa kemerdekaan tanpa adanya jerih payah dan perjuangan tokoh bangsa kala itu. Sudah 111 tahun berlalu, langkah-langkah kebangkitan bangsa Indonesia terus maju, hidup, dan berkembang, sehingga dengan globalisasi yang ditandai dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dibidang informasi, komunikasi, dan transportasi.
Pedoman Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun  Pedoman Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2019 (Juknis Harkitnas ke-111 Tahun 2019)
Museum Kebangkitan Nasional

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional sudah menjadi kewajiban kita untuk tetap selalu menjaga nilai-nilai luhur budaya bangsa dengan menjadikannya pedoman kita dalarn kehidupan berbangsa dan bernegara Semoga dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini, rakyat Indonesia dan generasi penerus perjuangan para pendahulu mendapatkan lecutan semangat nasionalisme dalam perjuangan tanpa pamrih yang dilakukan para pejuang dan pahlawan bangsa ini. Untuk dapat mengaktualisasikan nilai dan makna kebangkitan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, demi terciptanya sebuah kemandirian bangsa Indonesia yang hakiki, adil makmur, dan sentosa.

Pedoman Peringatan Harkitnas ke-111 tahun 2019 
Pedoman Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun  Pedoman Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2019 (Juknis Harkitnas ke-111 Tahun 2019)
Pada tahun 2019 ini, Menteri Kominfo telah menerbitkan pedoman peringatan Harkitnas 2019 yang berisi berbagai hal penting seperti tujuan, tema, logo, dan berbagai petunjuk kegiatan. Adapun tema Harkitnas 2019 adalah "BANGKIT UNTUK BERSATU" . Pedoman Harkitnas 2019 ini merupakan  lampiran II Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 335 Tahun 2019 tentang Pembentukan Panitia Penyelenggara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111 Tahun 2019.

Silakan Download  Pedoman Peringatan Harkitnas Tahun 2019 (file format PDF) 

Demikian tentang Pedoman Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 Tahun 2019. Semoga bermanfaat.

Sumber https://www.websitependidikan.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Juknis dan Waktu Pembayaran THR 2019 NOMOR 58/PMK.05/2019 Untuk PNS,
Prajurit TNI, Anggota POLRI, dan Pejabat Negara
Mei 13, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Di ramadhan kali ini, seperti yang sudah di agendakan oleh pemerintah ditahun sebelumnya bahwa sebelum hari raya idul fitri akan di berikan tunjangan khusunya bagi ASN (Aparatur Sipil Negara) sebagai salah satu wujud penghargaan dari Negara kepada para pengabdi. Terkait hal tersebut Juknis dan waktu pembayaran THR (Tunjangan Hari Raya) tahun 2019 akan kami sampaikan kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, dan Pejabat Negara berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia NOMOR 58/PMK.05/2019 yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 10 Mei 2019. Berikut ini Petunjuk Teknis Pemberian THR sebagai literatur mengenai waktu pemberian/ pembayarannya kami sertakan pada bab 3.

 seperti yang sudah di agendakan oleh pemerintah ditahun sebelumnya bahwa sebelum hari ray Juknis dan Waktu Pembayaran THR 2019 NOMOR 58/PMK.05/2019 Untuk PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, dan Pejabat Negara

BAB III
PEMBAYARAN TUNJANGAN HARI RAYA

Pasal 9
(1) Tunjangan Hari Raya untuk PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, dan Pejabat Negara dibayarkan paling cepat 10 (sepuluh) hari kerja sebelum tanggal Hari Raya.
(2) Dalam hal Tunjangan Hari Raya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) belum dapat dibayarkan, Tunjangan Hari Raya dapat dibayarkan setelah tanggal Hari Raya.

Pasal 10
Pembayaran Tunjangan Hari Raya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 dibebankan pada DIPA satuan kerja berkenaan.

Pasal 11
(1) Pejabat Penanda Tangan SPM mengajukan SPM Tunjangan Hari Raya kepada KPPN.
(2) SPM Tunjangan Hari Raya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dibuat secara terpisah dengan menggunakan jenis SPM :
  • a) SPM THR Gaji untuk pembayaran gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum;
  • b) SPM THR Tukin untuk pembayaran tunjangan kinerja; dan
  • c) SPM THR Pegawai Lainnya untuk pembayaran Tunjangan Hari Raya bagi pejabat lain sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (1) huruf a dan pegawai lainnya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 ayat (1) huruf e.
(3) Bagi satuan kerja yang permintaan pembayaran gajinya telah menggunakan aplikasi Gaji PNS Pusat (GPP)/Belanja Pegawai POLRI (BPP)/Daftar Pembayaran Penghasilan (DPP), pengaJuan SPM sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilengkapi dengan Arsip Data Komputer (ADK) serta aplikasi GPP /BPP /DPP dengan menggunakan versi terbaru.
(4) SPM tunjangan hari raya dibuat tersendiri dan terpisah dari SPM gaji bulanan.
(5) Jenis SPM sebagaimana dimaksud pada ayat (2), termasuk digunakan untuk pembayaran kekurangan atau susulan pembayaran Tunjangan Hari Raya.

Pasal 12
Penerbitan Surat Keterangan Penghentian Pembayaran bagi PNS, Prajurit TNI dan/ atau Anggota POLRI yang mengalami mutasi pindah agar dicantumkan keterangan pembayaran Tunjangan Hari Raya telah dibayarkan atau belum dibayarkan.

Pasal 13
Tata cara penerbitan dan pengajuan Surat Permintaan Pembayaran (SPP), SPM dan SP2D Tunjangan Hari Raya diatur sebagai berikut:
  • a) bagi Satuan Kerja selain Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia berpedoman pada Peraturan Menteri Keuangan mengenai tata cara pembayaran dalam rangka pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Peraturan Menteri Keuangan mengena1 pelaksanaan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara.
  • b) bagi Satuan Kerja Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia mengikuti ketentuan mengenai tata cara pelaksanaan pembayaran belanja pegawai di lingkungan Kernen terian Pertahanan dan Ten tara Nasional Indonesia dan sudah di tetapkan berdasarkan PERMENKEU tentanng  pelaksanaan Sistem Perbendaharaan Keuangan Negara dan Anggaran Pemerintah Pusat.
Selengkapnya download dibawah ini.

Download Juknis Pembayaran THR NOMOR 58/PMK.05/2019

Demikian pembahasan tentang Juknis dan Waktu Pembayaran THR 2019 Untuk PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, dan Pejabat Negara. Semoga bisa memberikan manfaat.


Sumber https://www.pelitaguru.id/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Cara Membuat Box/Kotak Copy Paste Di Dalam Artikel Blog
Mei 13, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.



Selamat berjumpa kembali di blog IndoINT,
Pada artikel kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial yang saya khususkan untuk anda yang senang bermain blog atau boleh di bilang sebagai anak bloger.


Sebagai seorang blogger tentunya hal yang paling penting untuk bisa mengembangkan blog anda yaitu anda harus sering-sering dan rajin untuk menulis artikel. Dengan anda sering menulis dan mengupdate artikel maka hal itu akan mempengaruhi perkembangan blog anda.

Pada postingan saya sebelumnya saya telah banyak membahas mengenai cara untuk bisa membuat artikel agar cepat terindek oleh mesin pencari google sehingga artikel anda dapat berada dan bisa manduduki posisi pageone.

Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara untuk membuat sebuah box atau kotak copy paste di dalam sebuah artikel. Tujuan untuk membuat kotak atau box copy paste di dalam artikel tersebut ialah agar pembaca atau pengunjung dapat dengan mudah melihat suatu kata atau kalimat yang penting yang di tempatkan pada kotak tersebut, sehingga mereka dapat dengan mudah untuk mengcopynya.

Manfaat lain dari pembuatan kotak di dalam sebuah artikel yaitu untuk memudahkan pembaca dalam mengcopy seluruh kalimat yang ada di dalam kotak tersebut sehingga pembaca tidak perlu lagi memblok kalimat tersebut melainkan cukup dengan mengklik tulisan copy yang ada di atas kotak tersebut maka secara otomatis kalimat tersebut akan tercopy seluruhnya.

Bagi anda para blogger yang sering melihat artikelnya di copas oleh orang yang tidak bertanggung jawab maka hal yang paling sering dilakukan adalah dengan memasang script anti copy paste pada blognya sehingga seluruh artikel yang ada di dalam blog tersebut tidak bisa lagi di copas oleh orang lain.
Nah apabila anda suka memasang script anti copypaste di dalam blog anda otomatis hal tersebut akan sangat berpengaruh pada kepuasan pengunjung dalam melihat artikel anda, sebab apabila ada suatu kalimat atau kata-kata penting yang pengunjung ingin copy dari artikel blog anda maka hal tersebut tidak akan bisa di lakukan. Olehnya pengunjung akan merasa kurang nyaman untuk membaca dan melihat blog anda.

Bagaimana sih caranya agar jika ada sebuah kalimat atau script penting yang ingin kita bagikan tersebut dapat di copy oleh orang lain dalam hal ini adalah pengunjung blog kita meskipun kita telah memasang script anti copypaste di dalam blog kita???

Isi dan tutorial dari artikel ini akan menjawab pertanyaan tersebut. Dengan menggunakan cara yang akan saya bagikan ini maka meskipun anda memasang script anti copas di dalam blog anda pengunjung tetap akan bisa mengcopy artikel anda namun kalimat yang hanya bisa di copy yaitu kalimat yang hanya berada di dalam kotak box artikel tersebut. 
Lalu bagaimana cara untuk bisa melakukan hal tersebut???

Baiklah berikut ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memasang kotak atau box copy paste di dalam artikel blog yang kita miliki. Melalui cara yang akan saya bagikan ini maka anda akan melihat hasil dari penerapannya yang akan membuat artikel anda menjadi lebih menarik sehingga pengunjung akan merasa betah untuk berlama-lama dalam membaca artikel anda.

Berikut ini cara memasang kotak copy paste di dalam artikel blog :
Ada banyak jenis model pemasangan kotak pada artikel sebuah blog, namun pada kesempatan ini saya hanya akan membahas dua model pemasangan kotak box copy paste yang sering dan umum di gunakan oleh seorang blogger yang sudah mahir dalam memainkan blog.

CARA 1 :
1.   Pertama-tama silahkan anda masuk ke dalam blog anda
2.   Kemudian buatlah sebuah artikel yang yang sesuai dengan keinginan anda
3.   Apabila di dalam artikel yang anda tulis tersebut ada sebuah kata atau kalimat yang anda anggap penting maka siapkan tulisan tersebut untuk anda masukkan ke dalam box kotak copy paste nantinya.
4.   Selanjutnya klik menu “html” yang terletak pada bagian sebelah kiri atas postingan anda, seperti terlihat pada gambar di bawah ini



5.   Selanjutnya silahkan anda copy script yang ada pada kotak di bawah ini


<textarea cols="35" rows="6">Teks yang ingin dimasukan</textarea><br />
6.   Pada tulisan "teks yang ingin dimasukkan"tersebut di atas silahkan anda ganti dengan kata-kata atau kalimat yang ingin anda masukkan ke dalam kotak copy paste tersebut.
7.   Jika sudah maka silahkan klik tulisan menu “compose” yang terlihat seperti pada gambar di bawah ini



8.   Maka anda akan melihat hasilnya seperi pada contoh di bawah ini




PENJELASAN PADA SCRIPT :
Untuk "rows"=6 adalah tinggi dari text area, jadi jika anda menginginkan text area yang lebih tinggi silahkan anda ganti dengan angka yang lebih tinggi.
Untuk cols="35" adalah lebar dari text area, jadi jika anda menginginkan text area yang lebih lebar silahkan anda ganti dengan angka yang lebih tinggi


CARA 2 :
1.   lakukan langkah yang sama seperti pada cara 1 di atas mulai dari langkah 1 sampai langkah 4.
2.   Selanjutnya silahkan anda copy script yang ada di dalam kotak di bawah ini :


       <div><form name="copy"><div align="center"><span><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" value="Highlight All" type="button"> </span></div><p align="center"><textarea style="width: 150px; height: 80px;" name="txt" rows="5" wrap="VIRTUAL" cols="20">MASUKKAN TULISAN ANDA DISINI</textarea></p></form></div>


3.   Pada tulisan "MASUKKAN TULISAN ANDA DISINI" di atas tersebut silahkan anda ganti dengan kata-kata atau kalimat yang ingin anda masukkan ke dalam kotak copy paste tersebut.
4.   Jika sudah maka silahkan klik tulisan menu “compose” yang terlihat seperti pada gambar di bawah ini



5.   Maka anda akan melihat hasilnya seperi pada contoh di bawah ini


PENJELASAN PADA SCRIPT :

  • <div align="center"> --> kata center menunjukan bahwa posisi tombol akan berada di tengah, jadi jika anda ingin posisi tombol berada di tepi sebelah kiri, tinggal ganti dengan kata left. Dan jika ingin berada di tepi sebelah kanan, tinggal ganti dengan kata right. 
  • <inputonclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.selec()"> --> kode ini artinya ketika tombol highlight di klik, maka seluruh text yang ada di dalamnya akan di highligt (di tandai atau di blok), jadi anda tak perlu merubah tulisan ini. 
  • Value="Highlight All" --> kata Highlight All adalah kata yang akan muncul di dalam tombol, jadi jika anda ingin merubah tulisan ini silahkan ganti dengan kata yang anda inginkan. 
  •  <p align="center"> --> ini menunjukan bahwa text area akan berada di tengah, nah jika sobat ingin text area sobat berada di tepi kiri, ganti kata center dengan kata left, bila ingin di tepi kanan, ganti dengan kata right. 
  • <text style="WIDTH: 150px">-->kata "WIDTH:150px" menunjukan lebar dari text area tersebut sebanyak 150 pixel, jadi jika sobat ingin memperpendek atau memperpanjang lebar text area, sobat tinggal menggantinya dengan angka yang anda inginkan. misal: "WIDTH:500px;" 
  • HEIGHT: 80px --> angka "80px" menunjukan bahwa text area akan mempunyai tinggi sebesar 80 px, jadi jika anda ingin merubahnya tinggal ganti angka tersebut dengan angka yang anda inginkan. Misal : HEIGHT:160px.

Apabila semua cara tersebut di atas dapat anda terapkan dengan baik maka saya yakin anda akan berhasil dalam membuat kotak copy paste yang pada akhirnya akan sangat bermanfaat buat perkembangan dan kemajuan blog anda sehingga dapat membuat pengunjung menjadi senang dalam melihat dan membaca blog anda.

Demikianlah tutoral mengenai cara membuat box kotak copy paste di dalam artikel blog, semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya dan jangan lupa untuk melihat artikel menarik lainnya di dalam blog IndoINT.
.




Sumber http://kherysuryawan.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Ternyata Tarawih Itu 20 Raka'at
Mei 13, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.



ASAL MULA SHALAT TARAWIH

Kata "Tarawih" merupakan jamak dari kata "Tarwihah" yang berarti satu kali istirahat, karena para sahabat ra. ber-istirahat setiap empat raka'at (Al-Hady An-Nabawy As-Shahih Li As-Shabuny, hal 35, Menukil dari Lisanul Arab dan Hasyiyatan, hal 294).
Shalat Tarawih juga dinamakan dengan "Qiyam Ramadhan" (Al-Hady An-Nabawy As-Shahih Li As-Shabuny, hal 36, dan Hamisy I'anah At-Thalibin, juz 1 hal 265). Penamaan ini diambil dari Sabda Nabi SAW;

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barangsiapa berdiri melakukan shalat malam dibulan Ramadhan dengan iman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa-dosa yang telah lalu". (HR. Bukhari Muslim)

KESIMPULAN :

  1. Shalat tarawih dinamakan pula "Qiyam Ramahan".
  2. Shalat tarawih hanya dilakukan pada bulan Ramadhan.
  3. Ada waktu istirahat antara salam dan takbir shalat berikutnya sedikitnya tiga kali, Imam Nawawi mengatakan satu Istirahat itu empat dengan dua salam, jumlah keseluruhannya lima kali istirahat. (Aqiqah As-Salaf, 303, menukil dari Kitab Majmu' Syarah Muhadzab, juz 3 hal 526).
TARAWIH RASULULLAH SAW:
Diantara saudara-saudara kita ada yang mengatakan bahwa Nabi saw melakukan shalat tarawih 8 (delapan) raka'at ditambah 3 (tiga) rakaat witir, sedangkan penambahan rakaat menjadi 20 (dua puluh) itu datang dari sayyidina Umar ra. Dengan demikian mereka menyimpulkan bahwa tarawih dengan delapan rakaat lebih afdhal daripada dua puluh rakaat.
Ada lagi yang mengatakan 8 rakaat itu Sunnah, sedangkan 20 rakaat itu bid'ah. Bahkan ada yang mengatakan 8 rakaat itu sama dengan shalat Dzuhur 5 rakaat atau shalat Shubuh 4 rakaat. Yang bila dilihat secara sepintas hadits yang akan disebutkan nanti memang mendukung pendapat mereka. 
Dua hadits itu adalah;

A. Dasar Pertama
عَنْ أَبِى سَلَامَةَ ابن عبد الرحمن أنه سَاَلَ عَائِشَةَ كَيْفَ كَانَتْ صَلَاةُ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه و سلّم فِي رمضانَ ؟ . فقالتْ: "ما كان يَزِيْدُ في رمضان ولا في غيره على إحْدَى عشرةَ ركعةً. يصلّى أربعًا فلا تَسْألْ عن حُسْنِهِنَّ و طُولِهِنَّ. ثُم يصلّى أربعًا فلا تَسْألْ عن حُسْنِهِنَّ. ثُمَّ يُصَلِّى ثَلاَثًا. قالتْ عائِشةُ : فقُلْتُ: يا رسولَ الله. أَتَنامُ قبل أن تُوْتِرَ؟ فقال: يا عائشة. إنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ و لا يَنَامُ قَلْبِي" (متفق عليه)   

"Dari  Abi Salamah bin Abdur-rahman beliau bertanya kepada Sayyidah 'Aisyah ra. tentang shalat Nabi saw. pada bulan Ramadhan, sayyidah 'Aisyah ra. menjawab: Beliau tidak pernah shalat lebih dari sebelas rakaat baik dibulan Ramadhan maupun lainnya.Beliau shalat 4 rakaat, jangan tanya bagus dan lamanya, lalu shalat lagi 3 rakaat. Saya bertanya : "Wahai Rasulullah, apakah engkau akan tidur sebelum shalat witir?" Beliau menjawab : "Wahai 'Aisyah ra, mataku tidur, namun hatiku tidak tidur". (HR. Bukhari Muslim).

Hadits 'Aisyah ra. ini memberikan pengertian;
  1. Nabi saw melakukannya dibulan Ramadhan dan diluar Ramadhan sedangkan shalat Tarawih hanya ada dibulan Ramadhan.
  2. Nabi saw salam setelah 4 rakaat berati hanya satu istirahat (tarwihah) bukannya beberapa kali istirahat (tarawih).
  3. Dari pertanyaan 'Aisyah ra. "a tanaamu qabla an tuutira" menunukkan bahwa shalat itu adalah shalat witir bukan tarawih.
TANGGAPAN PARA ULAMA

Ulama berselisih pendapat dalam menyikapi hadits ini. Namun tetap saja mereka sepakat bahwa hadits ini bukan dasar bagi shalat tarawih.

1. PENDAPAT PERTAMA 
Hadits ini tidak dapat dijadikan hujjah, karena ada beberapa 'illah (cacat):

a. Dalam hadits ini ada kontradiksi. 
Pada awalnya hadits ini menunjukkan bahwa Nabi saw sudah shalat witir, karena sudah shalat sebelas rakaat dan pada akhirnya Sayyidah 'Aisyah ra bertanya dengan kat-kata "tanaamu qabla an tuutira" yang menunjukkan beliau belum witir. Namun hal ini tidak diketahui banyak orang karena hadits ini sering disampaikan sepotong saja hanya sampai kata "tsumma yushallii tsalaatsa" tidak dilanjutkan sampai akhir hadits. Ini merupakan beberapa pangkal pengkaburan yang banyak mempengaruhi orang yang ceroboh.

b. Hadits ini Mudthorrib (simpang siur) karena ada beberapa riwayat dari Sayyidah 'Aisyah yang berbeda-beda sebagai berikut:

1). Hadits 'Aisyah ketika ditanya oleh Abu Salamah bin Abdurrahman:
عَنْ أَبِى سَلَامَةَ ابن عبد الرحمن أنه سَاَلَ عَائِشَةَ كَيْفَ كَانَتْ صَلَاةُ رَسُولِ اللهِ صلى الله عليه و سلّم فِي رمضانَ ؟ . فقالتْ: "ما كان يَزِيْدُ في رمضان ولا في غيره على إحْدَى عشرةَ ركعةً. يصلّى أربعًا فلا تَسْألْ عن حُسْنِهِنَّ و طُولِهِنَّ. ثُم يصلّى أربعًا فلا تَسْألْ عن حُسْنِهِنَّ. ثُمَّ يُصَلِّى ثَلاَثًا. قالتْ عائِشةُ : فقُلْتُ: يا رسولَ الله. أَتَنامُ قبل أن تُوْتِرَ؟ فقال: يا عائشة. إنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ و لا يَنَامُ قَلْبِي" (متفق عليه)

"Dari  Abi Salamah bin Abdur-rahman beliau bertanya kepada Sayyidah 'Aisyah ra. tentang shalat Nabi saw. pada bulan Ramadhan, sayyidah 'Aisyah ra. menjawab: Beliau tidak pernah shalat lebih dari sebelas rakaat baik dibulan Ramadhan maupun lainnya.Beliau shalat 4 rakaat, jangan tanya bagus dan lamanya, lalu shalat lagi 3 rakaat. Saya bertanya : "Wahai Rasulullah, apakah engkau akan tidur sebelum shalat witir?" Beliau menjawab : "Wahai 'Aisyah ra, mataku tidur, namun hatiku tidak tidur". (HR. Bukhari Muslim).

2). Hadits 'Aisyah ra. yang diriwayatkan oleh 'Urwah :
كَانَ رسول الله صلى الله عليه وسلم يُصَلِّى بِالليل ثلاثَ عشْرَةَ ركعةً, ثُمَّ يُصلى إذا سمِعَ النداءَ بِالصبح ركعتين خَفِفَتَين. (رواه مالك فى الموطأ).

"Beliau (Rasul saw) shalat malam 13 (tiga belas) rakaat kemudian shalat 2 (dua) rakaat yang ringan setelah mendengar adzan subuh". (H.R. Imam Malik dalam kitab Muwattha').

3). Hadits 'Aisyah yang diriwayatkan oleh Urwah:
أن رسول الله  صلى الله عليه و سلم يُصلِّى مِنَ الليلِ إحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُوْتِرُ منها بواحدة فإذا فَرَغَ اضْطَجَعَ على شَقِّه الأَيْمَنِ (رواه مالك فى الموطاء).

"Sesungguhnya Nabi saw. shalat diwaktu malam sebelas rakaat beserta witirnya. Tatkala beliau selesai melakukan shalat, beliau berbaring pada bagian kanan tubuhnya".

4). Hadits 'Aisyah yang diriwayatkan oleh Urwah:
أن رسول الله  صلى الله عليه و سلم كان يُصلِّى بِالليل ثلاثَ عشْرَةَ ركعةً ثُمَّ يُصلى إذا سمِعَ النداءَ بِالصبح ركعتين خَفِفَتَين (رواه البخاري).

"Sungguh Nabi saw melakukan shalat diwaktu malam 13 rakaat, lalu beliau shalat 2 rakaat yang ringan tatkala mendengar adzan shubuh".

5). Hadits 'Aisyah yang diriwayatkan oleh Masruq:
سَأَلْتُ عائشةَ عنْ صلاةِ رسول الله صلى الله عليه و سلم بِالليل فقالتْ : "سَبْعٌ و تِسْعٌ و إحدى عَشْرَةَ سِوَى ركعتيِ الفجْر". (رواه البخاري).

"Aku bertanya kepada Aisyah ra. tentang shalat Rasulullah di waktu malam, lalu 'Aisyah menjawab : 7 (tujuh), 9 (sembilan) dan 11 (sebelas) selain 2 rakaat fajar".

6). Hadits 'Aisyah yang diriwayatkan oleh Qasim bin Muhammad :
كَانَ النَّبِيُّ صلى الله عليه و سلم يُصَلِّى من الليلِ ثلاث عشرةَ رَكْعَةً منها الوِتْرُ وَرَكْعَتَا الفجر. (رواه البخاري).

"Nabi saw. melakukan shalat malam 13 (tiga belas) rakaat, witir 1 (satu) rakaat dan 2 (dua) rakaat fajar".

Dari hadits-hadits 'Aisyah diatas ada beberapa kontradiksi:
  1. Hadits pertama menunjukkan bahwa Nabi saw. tidak pernah shalat malam lebih dari 11 (sebelas) rakaat, sedangkan hadits yang ke-empat menunjukkan bahwa Nabi saw. shalat malam 13 (tiga belas) rakaat, berarti lebih dari 11 (sebelas rakaat).
  2. Hadits pertama menunjukkan witir 3 (tiga) rakaat, sedangkan hadits yang ke-tiga menunjukkan bahwa witir 1 (satu) rakaat.
  3. Hadits ke-tiga Nabi saw. shalat 13 (tiga belas) rakaat termasuk witir dan sunnah fajar, sedangkan hadits ke-dua dan ke-empat Nabi saw shalat 13 (tiga belas) rakaat tanpa sunnah fajar, berarti 15 (lima belas) rakaat dengan sunnah fajar.
c. Hadits tersebut bertentangan dengan hadits lain seperti :

1). Hadits Zaid bin Kholid/ Al Juhani ra. yang menunjukkan shalat Nabi saw 12 rakaat dan witir satu rakaat, beliau berkata:
لَأَرْمُقَنَّ صَلاَةَ ؤَسُول الله : قال فَتَوَسَّدْتُ عَتَبَتَهُ أو فُسْطَاطَهُ , فَقام رسول الله صلى الله عليه و سلم فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ طَوِيْلَتَيْنِ طَوِيْلَتَيْنِ طَوِيْلَتَيْنِ , ثُمَّ صَلَّى ركعتين و هما دُونَ اللَّتَيْنِ قبلهما , ثُمَّ صَلَّى ركعتين و هما دُونَ اللَّتَيْنِ قبلهما , ثُمَّ صَلَّى ركعتين و هما دُونَ اللَّتَيْنِ قبلهما , ثُمَّ صَلَّى ركعتين و هما دُونَ اللَّتَيْنِ قبلهما , ثُمَّ صَلَّى ركعتين و هما دُونَ اللَّتَيْنِ قبلهما , ثُمَّ أَوْتَرَ فَتِلْكَ ثلاثَ عَشْرَةَ ركْعةً. (رواه مسلم و غيره).

"Akan aku amati betul shalat Nabi saw lalu aku berbantal ambang pintu, saya lihat beliau berdiri shalat 2 rakaat yang lama, lalu 2 rakaat lagi agak pendek, lalu 2 rakaat lagi agak pendek, lalu 2 rakaat lagi agak pendek, lalu 2 rakaat lagi agak pendek, lalu 2 rakaat lagi agak pendek kemudian shalat witir maka jumlahnya 13 (tiga belas) rakaat".

2). Hadits Ibnu Abbas ra. yang selaras dengan hadits Zaid ra :

"Ibnu Abbas ra berkata : "aku berdiri, aku melakukan seperti apa yang dilakukan beliau. Aku berdiri disamping beliau, lalu beliau menarik telinga kananku. Beliau shalat 2 rakaat lagi, 2 rakaat lagi, 2 rakaat lagi, 2 rakaat lagi, 2 rakaat lagi, 2 rakaat lagi, lalu witir. Kemudian beliau berbaring hingga mu'adzin datang lalu beliau shalat 2 rakaat yang agak cepat, kemudian beliau pergi (ke mesjid) untuk shalat Shubuh. Maka lengkaplah malam 13 rakaat.

Dengan demikian maka hadits 'Aisyah diatas tidak dapat dijadikan dasar sama sekali baik untuk tarawih, witir atau shalat malam karena ada kelemahan berupa kontradiksi dan simpang siur serta perselisihan dengan hadits lain.

2.  PENDAPAT KEDUA

Hadits Sayyidah 'Aisyah ra. tersebut untuk shalat witir saja, hal ini dapat disimpulkan dari perkataan sayyidah Aisyah " A tanaamu qabla an tuutira". Dengan demikian kata-kata "tsumma awtara" dan "yuutira minha bi waahidatain" maksudnya adalah mengganjilkan shalat witir yakni shalat witir itu dua-dua atau empat-empat lalu ganjili dengan satu atau tiga raka'at. Karena para ahli hadits menyatakan bahwa paling banyak shalat witir itu 11 rakaat berdasarkan hadits 'Aisyah ra. diatas dan shalat witir hukumnya sunnah baik di bulan ramadhan maupun di luar ramadhan, sedangkan tarawih hanya ada dibulan Ramadhan. Dan juga pertanyaan Aisyah ra. berdasarkan shalat witir saja.

3. PENDAPAT KETIGA

Pernyataan Sayyidah 'Aisyah ra. itu dimaksudkan mengabarkan tentang shalat Nabi saw menurut se-pengetahuan beliau. Dengan demikian ada kemungkinan Beliau saw. melakukan shalat lebih dari 11 rakaat di luar sepengetahuan Sayyidah 'Aisyah ra. seperti yang telah dibuktikan oleh Zaid dan Ibnu Abbas sama halnya dengan pernyataan Sayyidah 'Aisyah ra. bahwa ia tidak pernah meliahat Nabi saw. melakukan shalat dhuha yang diriwayatkan oleh Imam Muslim :

"Abu Laila mengatakan : tidak ada yang menceritakan kepadaku bahwasanya Nabi saw melaksanakan  shalat dhuha kecuali Ummu Hani, dia bercerita bahwa Nabi saw masuk kerumahnya pada waktu penaklukan kota Mekkah (fathu mekkah) lalu beliah shalat 8 rakaat dan aku tidak pernah melihat beliau shalat secepat itu."

Apakah kita mengatakan Nabi saw. tidak pernah melakukan shalat dhuha hanya karena berdasarkan pernyataan 'Aisyah? ini adalah kebodohan yang sangat nyata, padahal dalam shahih Muslim itu pula Ummu Hani melihat Nabi saw. melakukan shalat Dhuha 8 rakaat. (Buka kitab Al-Hady An-Nawawy As-Shahih, hal 77 - 79).

KESIMPULAN ;

Dengan demikian jelaslah bahwa hadits 'Aisyah ra. tersebut tidak membicarakan shalat tarawih sama sekali, hal ini telah disepakati para ulama. Tidak ada satupun sahabat, tabi'in ataupun tabi'it tabi'in mengatakan bahwa tarawih itu 8 rakaat.

B. DASAR KEDUA

Bersambung...................















Sumber https://www.hanapibani.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 dan 2
Mei 13, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 dan 2 - Hanya berbagi memudahkan bapak/Ibu Guru Kelas 5 dalam menyediakan Soal Ulangan Harian sesuai dengan Kurikulum 2013 dan Buku Pegangan Guru Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 dalam format Word.

Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Kelas  Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 dan 2

Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 dan 2 ini diambil dari Buku Pegangan Guru Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 semester 1 dan 2 dari Kemdikbud.

Contoh Soal Ulangan Harian ke-4 Bahasa Indonesia Kelas 5 SD/MI

I. Standar Kompetensi
5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek yang disampaikan.
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dan bermain drama.
7. Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak.
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan,
laporan dan puisi bebas.

II. Kompetensi Dasar
5.2 Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat).
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
7.1 Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas.
8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

Contoh Soalnya

Si Rakus yang Malang
Di sebuah hutan, tinggallah seekor harimau. Dia sangat rakus. Kambing, rusa dan kijang menjadi santapannya setiap hari. Karena buasnya, dia disebut si Rakus oleh penghuni hutan. Suatu hari si rakus berkeliling hutan mencari mangsa karena sudah dua hari tidak makan. Tiba-tiba terdengar bunyi kepak burung. Rakus segera mencari burung itu. Ia melihat burung gelatik hinggap di dahan pohon.

Tiba-tiba si Rakus melompat ke dahan pohon hendak menerkam gelatik. Si Rakus tidak berhasil karena gelatik dengan cepat terbang ke angkasa. Badan si rakus terbentur pohon dan jatuh ke tanah. Si Rakus mengerang kesakitan. Ternyata kaki dan kepala si Rakus berdarah. Tidak ada penduduk hutan yang mau menolong si Rakus karena ia sering berbuat jahat pada binatang yang lemah.

1. Mengapa si harimau dijuluki si Rakus?
Jawaban dari pertanyaan di atas adalah ....
a. Karena si harimau makannya banyak.
b. Karena si harimau sangat buas.
c. Karena si harimau makan kambing, rusa, dan kijang.
d. Karena si harimau makan burung gelatik.

2. Latar cerita di atas adalah ....
a. hutan
b. kebun binatang 
 c. sungai
d. gunung

3. Tokoh utama dari cerita di atas adalah ....
a. harimau 
b. kambing 
c. rusa
d. kijang

4. Berdasarkan tokohnya, cerita di atas disebut ....
a. legenda 
b. mite
c. fabel
d. sage

5. Amanat dari cerita di atas adalah ....
a. Hidup harus tolong menolong.
b. Jangan makan yang bukan miliknya.
c. Hati-hati dalam bertindak.
d. Kita akan menerima balasan sesuai dengan perbuatan kita.

6. Pokok pikiran yang mendasari suatu cerita disebut ....
a. latar 
b. alur 
c. tokoh
d. tema

7. Rahmat memanggil kucing peliharaan dengan sebutan . . . meong.
a. si 
b. sang 
c. para
d. sri

8. Usahanya bangkrut karena kehabisan modal. Ungkapan yang tepat untuk kata bangkrut adalah ....
a. banting tulang
b. banting setir
c. gulung tikar
d. tutup buku

9. Setiap pembeli menyerahkan barang dan membayarnya di kasir. Makna kata kasir adalah ....
a. pelayan toko
b. pemilik toko
c. penerima barang
d. penerima dan pembayar uang

10. Meraka membayar dengan uang pas. Makna uang pas adalah ....
a. Uang receh.
b. Uang dalam jumlah kecil.
c. Jumlah uang sesuai permintaan.
d. Uang dalam jumlah besar.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini secara lisan!
1. Demi berperan sebagai tokoh antagonis dalam drama tersebut. Apa arti tokoh antagonis?
2. Disebut apakah percakapan yang dilakukan di akhir pertunjukan drama?
3. Siapa yang mengatur pelaku dalam pertunjukan drama?
4. Disebut apakah drama yang menceritakan kisah sedih?
5. Apa nama lain dari naskah drama?

Untuk mendapatkan Soal Ulangan Harian Ke-4 bisa didapatkan melalui link dibawah ini :
Ulangan Harian 4

Contoh Soal Ulangan Harian ke-5 Bahasa Indonesia Kelas 5 SD/MI

I. Standar Kompetensi
5. Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek yang disampaikan.
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dan bermain drama.
7. Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak.
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan,
laporan dan puisi bebas.

II. Kompetensi Dasar
5.1 Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan.
6.1 Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan
7.2 Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus.
8.2 Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal,
perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

Contoh Soalnya

Tertidur di Kelas

Namaku Agus. Aku baru saja mengalami peristiwa yang memalukan. Pengalaman tersebut terjadi hari sabtu 27 Maret 2010 pukul 08.30. Kejadiannya di ruang kelas saat jam pelajaran Bahasa Indonesia sedang berlangsung. Ibu Atik ketika itu sedang menerangkan menulis puisi. Sebenarnya aku sangat tertarik dengan penjelasan tersebut. Tiba-tiba mataku terasa berat. Aku menguap beberapa kali.

Pandanganku terasa gelap dan selanjutnya aku tak ingat apa-apa lagi. Rupanya aku tertidur di kelas. Suara tawa teman sekelas terdengar riuh. Mereka menertawakan aku. Aku mengantuk karena tadi malam menonton TV sampai pukul satu dini hari.

1. Peristiwa yang dialami Agus termasuk pengalaman yang ....
a. menyenangkan
b. memalukan
c. menyedihkan
d. menggembirakan

2. Di bawah ini adalah hal-hal yang dialami Agus saat mengikuti pelajaran Ibu Atik, kecuali ....
a. Matanya terasa berat
b. Menguap beberap kali
c. Pandangan terasa gelap
d. Kepala terasa pusing

3. Tanggapan terhadap peristiwa yang dialami Agus adalah ....
a. Lain kali Agus tidak boleh nonton TV
b. Sebaiknya Agus nonton TV jangan sampai larut malam.
c. Sebaiknya Agus nonton TV sambil tidur.
d. Agus seharusnya kena marah dari ibu guru.

4. Berikut ini yang tidak termasuk hal-hal baik yang mendukung sebuah laproran adalah ....
a. bahasa indah
b. data yang akurat
c. kalimat runtut
d. bahasa baku

5. Setelah mengunjungi tempat wisata, Adi menyusun laporan. Bagian yang harus dilaporkan adalah ....
a. perjalanan, pedagang, tempat wisata
b. sarana, pengunjung, kawan-kawan
c. tempat wisata, kondisi obyek, sarana
d. pengunjung, sarana, pedagang

6. Berikut yang merupakan kalimat laporan adalah ....
a. Siapa yang memenangkan pertandingan?
b. Ikuti nonton bareng pertandingan sepak bola!
c. Pertandingan antara kedua kesebelasan berakhir seri.
d. Pemimpin pertandingan sepak bola disebut wasit.

7. Orang yang memainkan wayang pada pertunjukan wayang, kulit disebut ....
a. dalang
b. sutradara
c. narator
d. aktor

8. Ayah terbahak-bahak menyaksikan adegan film di televisi karena lucu. Jenis film yang ayah saksikan adalah ....
a. komedi
b. horor
c. tragedi
d. sejarah

Untuk mendapatkan Soal Ulangan Harian Ke-5 bisa didapatkan melalui link dibawah ini :
Ulangan Harian 5

Contoh Soal Ulangan Harian ke-6 Bahasa Indonesia Kelas 5 SD/MI

I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b,c atau d di depan jawaban yang benar!

1. Pernyataan berikut yang termasuk latar tempat adalah ….
a. Di daerah yang baru para transmigran mendapat lahan pertanian
b. Pemerintah sedang menggalakkan program Keluarga Berencana
c. Sebagian besar penduduk Indonesia hidup sebagai petani
d. Korban lumpur lapindo nasibnya belaum jelas sampai sekarang

2. Surat undangan itu telah disampaikan … sanak keluarganya. Kata depan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ….
a. dari
b. daripada
c. ke
d. kepada

3. Paman pergi ke Kalimantan sepuluh tahun yang lalu untuk bertransmigrasi. Rumah, sawah, kebun, dan ternak musnah diterjang lahar. Menurut kutipan di atas, paman bertransmigrasi karena ….
a. gunung meletus
b. tanah longsor
c. banjir bandang
d. gempa bumi

4. Si Kaya dan Si Miskin hidup bersama di sebuah deesa.
… Si Kaya dan Si Miskin hidup bersama?
Kata Tanya yang tepat untuk kalimat di atas adalah ….
a. Bagaimana?
b. Mengapa?
c. Di mana?
d. Siapa?

5. Surat undangan ulang tahun termasuk surat ….
a. resmi
b. pribadi
c. lelayu
d. dinas

6. Perpindahan penduduk dari desa ke kota disebut ….
a. transmigrasi
b. imigrasi
c. urbanisasi
d. emigrasi

7. Maryati tetap pergi ke kota
Maryati dilarang oleh ibunya
Kata penghubung yang tepat untuk menggabungkan kedua kalimat di atas adalah ….
a. kapanpun
b. ataupun
c. adapaun
d. walaupun

Untuk mendapatkan Soal Ulangan Harian Ke-6 bisa didapatkan melalui link dibawah ini :
Ulangan Harian 6
Semua Contoh Soal Ulangan Harian Kelas 5 SD/MI Semester 1 dan 2 yang dibagikan berisi Kunci Jawaban didalamnya untuk mempermudah latihan dan belajar menjawab soalnya.

Itulah kiranya berbagi file Soal Ulangan Harian Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 dan 2 pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Sumber https://wikipediapendidikan.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Program S2 (MPAI) Beasiswa MADIN 2019
Mei 13, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Sekedar meneruskan informasi dari webseite http://pasca.uinsby.ac.id/ tentang program beasiswa S2 khusus untuk guru Madin yang berada di wilayah Jawa Timur. Kesempatan terbuka bagi guru Madrasah Diniyah (MADIN) yang ingin melanjutkan ke jenjang S2 Prodi Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI) bisa mengajukan beasiswa S2 yang diselenggarakan oleh UINSA bekerjasama dengan PEMPROV JATIM.
Sekedar meneruskan informasi dari webseite Program S2 (MPAI) Beasiswa MADIN 2019
Anda bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai beasiswa S2 MPAI melalui website resminya http://mpai.uinsby.ac.id/ dan http://pasca.uinsby.ac.id/

Adapun syarat, alur, dan informasi lain terkait pendaftaran mahasiswa baru program MPAI adalah sebagai berikut: (dilansir dari situs resmi pendaftaran https://sites.google.com/uinsby.ac.id/beasiswa-madin-2019).

Syarat Calon Peserta:

1. Foto kopi Ijazah dan Traskrip S1
2. Surat rekomendasi dari seorang dosen yg pernah mengajar atau menjadi pembimbingnya (download)

3. Pas photo berwarna 2x3 = 3 lembar dan 3x4 = 4 Lembar
4. Penduduk Jawa Timur yg dibuktikan dengan foto kopi KTP Asli 3 Lembar
5. Usia Maksimal 45 tahun pada saat pendaftaran
6. Memiliki SK yayasan sebagai guru Madin/Pesantren, serta telah mengabdi minimal 3 tahun sebagai guru di lembaga tersebut
7. Lulus ujian Penerimaan Mahasiswa Baru yang meliputi materi sebagai berikut:
  • Bahasa Inggris 
  • Bahasa Arab 
  • Tes potensi akademik 
  • Tes membaca kitab kuning (fathul mu'ín) (diselenggarakan oleh LPPD (Lembaga Pengembangan Pendidikan Diniyah) provinsi jawa timur 
8. Bersedia menandatangani surat pernyataan kesanggupan mengembalikan semua biaya program pendidikan S2 apabila tidak dapat menyelesaikan program tersebut.

Alur Pendaftaran:

1. Mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran online (https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeySxHBXWsqTRY1XK9Q9a1B2qQ318WWkng6QyYPNkVcmb2xWA/viewform)
2. Melakukan verifikasi berkas di PASCASARJANA UINSA (bawa Foto Copy Semua Berkas diatas dan Bukti Pendaftaran online yg telah dikirim ke email saudara)
3. Menghadiri ujian masuk pascasarjana Program Beasiswa MADIN Pemprov Jawa Timur.

Waktu Pendaftaran:

Pendaftaran              : 02 Mei - 10 Juli 2019
Verifikasi Berkas       : 10 Juli 2019
Ujian Tulis Internal   : 11 Juli 2019
Ujian Kitab Kuning    : 27-28 Juli 2019

Pengumuman Kelulusan 

Pengumuman kelulusan ujian masuk akan disampaikan di website pascarajana UINSA di alamat:  http://pasca.uinsby.ac.id

Hak dan Kewajiban Penerima Beasiswa


  • Mahasiswa akan diberikan beasiswa yg digunakan untuk biaya SPP, buku dan wisuda selama maksimal 4 semester 
  • Mahasiswa wajib menyelesaikan program S2 (magister) PAI ini, dan akan mengembalikan semua biaya program pendidikan S2 apabila tidak dapat menyelesaikan program tersebut.
Perlu Anda perhatikan bahwa infaormasi yang kami bagi ini hanya sebagai batu loncat, silahkan kunjungi situs resminya. Sewaktu-waktu informasi ini akan berakhir dan tidak berlaku sesuai dengan ketentuan tanggalnya.

Sumber https://ibadjournals.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Ketentuan Pengajuan NUPTK Tenaga Administrasi Sekolah
Mei 13, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Salam semangat buat Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Alhamdulillah dan terimakasih admin sampaikan kepada seluruh rekan yang telah berpartisipasi pada blog admin melalui tanya jawab permasalahan-permasalahan yang sedang dialami seputar Pengelolaan Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

 Pada postingan ini kita membahas mengenai Ketentuan Pengajauan NUPTK bagi Tenaga Kependidikan (Tenaga Administrasi Sekolah, Pustakawan, dan lain-lain).
Salam semangat buat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ketentuan Pengajuan NUPTK Tenaga Administrasi Sekolah

 Semoga dengan pembahasan kali ini, selalu dapat memberikan solusi kepada rekan semuanya terkhusus pertanyaan "Apakah bisa tenaga administrasi sekolah mengajukan NUPTK?". Untuk solusi atau jawaban silahkan simak informasi berikut ini sampaikan tuntas. 

Ketentuan Pengajuan NUPTK bagi Tenaga Administrasi Sekolah berdasarkan Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan NUPTK :

Tenaga Kependidikan dalam hal ini Tenaga Administrasi Sekolah, Pustakawan dan lain-lain juga dapat melakukan pengajuan NUPTK. 
Bagaimana cara melakukan pengajuan NUPTK bagi Tenaga Administrasi Sekolah ataupun Pustakawan ? 

Proses pengajuan NUPTK Tenaga Administrasi Sekolah Persyaratannya sama dengan Guru / Pendidik.


Didalam Juklak Pengelolaan NUPTK juga dijelaskan pengajuan penerbitan NUPTK bagi Tenaga Administrasi Sekolah / Pustakwan sama dengan Guru/Pendidik tetapi untuk Kualifikasi Pendidikan mengacu pada Permendiknas Nomor 24 Tahun 2018 tentang Tenaga Administrasi Sekolah / Madrasah
 dan Permendikbud Nomor 32 Tahun 2018 tentang Standar Teknis Pelayanan Minimal Pendidikan. 


Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat rekan semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 


Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Label 2

Ads 728x90