Seputar Peluang Usaha Terbaru

Download Free Android Apps

Label 1

Ads 728x90

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Featured Games
Cookie Consent

We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back
Featured Apps

Labels

APMODY

Mauris lacus dolor, ultricies vel sodales ac, egestas vel eros.

Ad Space 300x250
Buy Now
Responsive Adsense Ad Here
Buy Now
APMODY: the best blogger template for posting apps as well as articles in one blog.. Get now!

Popular Posts

Pengertian Gulma Tanaman
Mei 16, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Gulma merupakan tumbuhan yang tidak dikehendaki atau tumbuhan yang tumbuh tidak sesuai dengan tempatnya karena salah tempat (di trotoar misal), karena merugikan (rumput tumbuh diantara padi atau padi tumbuh diantara rumput dilapangan golf). 

Dilihat dari pohon ilmu pertanian dalam arti yang luas, maka ilmu gulma termasuk dalam bidang ilmu pertanian yang komponen utamanya terdiri dari sumber daya manusia, sumber daya hayati dan sumber daya alam. Gangguan dalam budidaya pertanian (agronomi) adalah hama, penyakit, gulma dan interaksinya dengan kepentingan manusia. 

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dan kerugian lingkungan yang minimal maka budidaya pertanian harus dilindungi terhadap gangguan hama, penyakit dan gulma. Ditinjau dari pengetahuan perlindungan tanaman (crop protection), maka ilmu gulma termasuk dalam pengetahuan perlindungan tanaman, setara dengan ilmu hama dan ilmu penyakit tumbuhan. 

Ditinjau dari cara interaksinya merugikan tanaman, hama melakukan interaksi dengan tanaman umumnya ssecara tidak kontinyu (membuat luka atu lubang misalnya). Penyakit  melakukan interaksi dengan tanaman umunya secara kontinyu (gejala menguning sistemik, hawar, layu, filodi dll). Gulma mengadakan interaksi dengan tanaman umumnya secara kompetisi (gulma dan tanaman terpengaruh secara negatif oleh interaksi dalam bentuk penurunan kegiatan pertumbuhan termasuk peristiwa alelopati). 
 
Gulma eceng gondok
Bagi negara yang pola usaha taninya dicirikan dengan sistem monokultur, tanaman kedelai yang tumbuh diantara tanaman tebu adalah gulma. Sebaliknya di negara berkembang yang sistem pertaniannya tumpang sari (multiple cropping) maka gulma dapat diartikan sebagai tumbuhan yang nilai negatifnya melebihi nilai positifnya. 

Suatu tumbuhan memilik inilai negatifbila tumbuhan tersebut merugikan manusia baik secara langsung maupun tidak langsung dan sebaliknya tumbuhan bernilai positif bila memiliki daya guna bagi manusia. Tumbuhan dapat bersifat tanaman di suatu tempat namun dapat bersifat gulma di lain lokasi. 
Contohnya, Sembung rambat atau mekania (Mikania michrantha) yang semula digunakan di perkebunan karet dan kelapa sawit sebagai tanaman penutup tanah namun pada saat ini telah menjadi gulma utama yang harus diberantas di perkebunan. 

Sebabnya sembung rambatini selain mengadakan persaingan yang berat terhadap unsur hara dan air dengan tanaman karet atau kelapa sawit yang belum menghasilkan, sembung rambat juga mengeluarkan zat penghambat pertumbuhan (alelopati) terhadap tanaman karet dan kelapa sawit dan sangat mungkin terhadap budidaya perkebunan lainnya. 

Contoh lainnya adalah Lantana camara dipadang rumput merupakan gulma namun bila tumbuh di  pagar maka ia bersifat ruderal (tidak diperhitungkan) dan bila dibudidayakan bisa menjadi tanaman hias.

Sumber: Dasar-Dasar Perlindungan Tanaman. Triharso 
https://pertanian.pontianakkota.go.id/

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Juknis Penulisan Blanko Ijazah RA MI MTs MA Tahun 2019
Mei 16, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Berdasarkan Keputusan Dirjen Pendis dengan nomor 2323 tahun 2019 tertanggal, 25 April 2019 tentang petunjuk teknis penulisan blanko ijazah Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Tahun Pelajaran 2018/2019

Untuk mengetahui lebih jelas tentang isi Juknis tersebut, silakan download juknis di bawah ini

Download Juknis Penulisan Blanko Ijazah
Download Materi Penulisan Blanko Ijazah

Demikian postingan tentang Juknis Penulisan Blangko Ijazah Madrasah & SHUAMBN untuk Madrasah Tahun 2019, mudah-mudahan bermanfaat (NS)
Sumber https://mtsmafaljpr.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Download RPP Penyajian Data Kelas VII Semestar 2 K13 Tahun 2019
Mei 16, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.



Selamat berjumpa kembali di blog ,
Pada kesempatan kali ini saya akan kembali membagikan perangkat pembelajaran gratis yang saya khususkan untuk bapak dan ibu guru yang mengajar di kelas 7. Perangkat RPP yang akan saya berikan ini yaitu perangkat RPP untuk mata pelajaran Matematika dengan materi “Penyajian Data dalam Bentuk Tabel” yang di ajarkan di semester 2 pada jenjang SMP kelas 7.


Sebelum saya membagikan perangkat pembelajaran RPP ini saya ingin bercerita sedikit mengenai terbentuknya perangkat pembelajaran ini. Perangkat RPP ini saya buat dengan usaha saya sendiri dengan melihat dari sumber-sumber yang sesuai dengan edisi revisi terbaru saat ini yaitu edisi 2019.

Perangkat pembelajaran ini sudah merupakan perangkat pembelajaran yang paling terbaru dan sudah sesuai dengan langkah-langkah serta prosedur yang di tetapkan dalam penyusunan perangkat pembelajaran versi terabaru di tahun 2019.

Format yang di gunakan dalam menyusun perangkat pembelajaran RPP ini juga sudah sesuai dengan format yang terbaru sehingga dengan menggunakan salah satu dari bentuk RPP ini maka anda sudah dapat dengan mudah untuk membuat perangkat RPP dengan materi lainnya untuk semua kelas.

RPP ini saya buat sebagai persyaratan saat akan mengikuti kegiatan PPL dalam mengambil gelar sebagai guru profesioanal. RPP ini sudah di setujui oleh guru pamong serta dosen penguji yang dalam hal ini bertindak sebagai pemeriksa kelayakan perangkat RPP yang di buat mengenai apakah sudah memenuhi persyaratan dan kelayakan sebagai RPP versi terbaru atau belum, dan ternyata hasilnya RPP ini sudah dia anggap layak untuk di gunakan sebagai contoh dalam membuat perangkat pembelajaran RPP lainnya.

Pada artikel saya sebelumnya saya juga telah banyak membahas dan membagikan perangkat pembelajaran lengkap yang di dalamnya telah termuat semua jenis perangkat pembelajaran yang di butuhkan oleh seorang guru dalam melengkapi administrasi sekolahnya dalam kegiatan pembelajaran.
Di dalam perangkat pembelajaran yang telah saya bagikan sebelumnya disana sudah saya berikan mulai dari silabus,rpp,program tahunan,program semester dan kkm.
Apabila anda belum sempat mendownload atau melihatnya maka saya sarankan anda untuk melihatnya melalui blog yang saya miliki yaitu .
Melalui blog itulah saya selalu menyempatkan diri untuk bisa berbagi pengalaman dan ilmu pengetahuan yang saya miliki dengan tujuan untuk saling berbagi demi kemajuan Pendidikan.

Bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan perangkat pembelajaran matematika kelas 7 semester 2 dengan materi “Penyajian Data Dalam Bentuk Diagram Batang” maka anda dapat mendownloadnya melalui link yang akan saya siapkan di bagian bawah artikel ini.

Perangkat pembelajaran RPP yang akan saya bagikan ini juga dapat di jadikan sebagai bahan referensi bagi anda dalam membuat perangkat pembelajaran yang lebih bermutu sehingga kita dapat bersaing dan tidak hanya berusaha untuk membeli perangkat pembelajaran yang sudah jadi yang sebenarnya perangkat yang di jual tersebut juga hanyalah hasil dari copy paste yang di peroleh dari media internet.

Baiklah sesuai dengan ulasan saya pada artikel ini maka saya akan membagikan perangkat RPP untuk mata pelajaran matematika kelas 7 semester 2 dengan materi pokok adalah penyajian data dalam bentuk tabel.
Bagi anda yang membutuhkannya silahkan anda download pada judul di bawah ini :


Semoga dengan anda memiliki perangkat pembelajaran yang telah saya bagikan ini anda dapat membagikannya kepada orang – orang di sekeliling yang juga membutuhkannya agar tindakan dalam berbagi dapat bermanfaat bagi banyak orang sehingga kemajuan Pendidikan semakin berkembang.

Jangan lupa untuk membaca dan mencari informasi lainnya yang lebih bermanfaat melalui blog , dan semoga apa yang anda butuhkan dapat anda peroleh melalui blog  tersebut dan semoga dapat bermanfaat..


Sumber http://kherysuryawan.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Panduan Aplikasi PPG Kemenag
Mei 16, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Pada artikel sebelumnya saya telah menyampaikan bahwa Kementerian Agama telah membuat aplikasi baru berbasis website yang terintegrasi dalam Sikurma atau Sistem Kurikulum Madrasah yang disebut dengan Aplikasi PPG Kemenag.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini diperuntukkan bagi para peserta Pendidikan Profesi Guru di Lingkup RA, MI, MTs dan MA di seluruh Indonesia.

Sayangnya sampai artikel ini dipublikasikan, belum ada penjelasan resmi tentang penggunaan aplikasi ini. Kendati demikian, gambaran awal aplikasi sudah ada. Menurut saya, hanya tinggal menunggu waktu saja sampai aplikasi PPG Kemenag resmi difungsikan. Baca juga: Latihan Soal PPG Kemenag dan Jawabannya

Maka dari itu, perlu bagi anda para peserta PPG untuk mengetahui aplikasi ini sejak awal. Supaya nantinya bisa mengoperasikannya dengan benar.

Pada artikel sebelumnya saya telah menyampaikan bahwa Kementerian Agama telah membuat apli Panduan Aplikasi PPG Kemenag


Panduan Aplikasi PPG Kemenag

Berikut ini gambaran singkat penggunaan aplikasi PPG Kemenag di antaranya adalah sebagai berikut:

Akses


User yang Terlibat

  • Admin Pusat
  • Admin Kanwil
  • Proktor Madrasah/TUK
  • Peserta PPG

Perbedaan UAMBN-BK dan Aplikasi PPG

UAMBNBK

  1. Satu jadwal satu mapel satu kontrol ujian satu mapel
  2. Peserta dibatasi sesi dan server id
  3. Upload data peserta dari madrasah, kemenag kab/kota, kanwil.

Aplikasi PPG Kemenag

  1. Satu jadwal 24 mapel satu kontrol ujian 24 mapel
  2. Peserta cuma dibatasi sesi
  3. Upload data peserta dari kanwil

Download Panduan Aplikasi PPG Kemenag

Silahkan unduh filenya pada link yang ada di bawah ini:

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai Panduan Aplikasi PPG Kemenag yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.
Sumber https://www.harianmadrasah.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

http://sikurma.kemenag.go.id/ppg/ Alamat Website PPG Kemenag
Mei 16, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Sahabat Guru Madrasah di seluruh Indonesia, pasti Anda semua sudah mengetahui jika Kementerian Agama telah membuka pendaftaran Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Bagi anda yang telah memenuhi syarat bisa mendaftarkan diri melalui Aplikasi Simpatika. Prosesnya sendiri kini sudah sampai pada tahap verifikasi dari pihak Kanwil.

Di tengah menunggu proses kelanjutan PPG, ada sebuah Website baru yang dikeluarkan oleh Kemenag. Baca juga: Latihan Soal PPG Kemenag dan Jawabannya

Saya sendiri pertama kali mengetahui kabar tersebut dari Grup Facebook Operator Madrasah. Berdasarkan informasi yang saya peroleh, semua proses PPG akan melalui Website ini. Maka dari itu par guru peserta PPG Kemenag harus mempelajarinya dengan baik.


Sahabat Guru Madrasah di seluruh Indonesia http://sikurma.kemenag.go.id/ppg/ Alamat Website PPG Kemenag


Situs itu terintegrasi dengan Sikurma. Melihat alamat URL-nya sepertinya Website ini akan digunakan untuk keperluan PPG.

Setelah saya cek, ternyata websitenya sudah bisa diakses dengan tampilan beranda seperti gambar di bawah ini.

Jika diamati secara tampilan seperti UAMBN-BK dan USBN-BK. Hal itu sangat wajar mengingat semua aplikasi tersebut terintegrasi menjadi satu.

Alamat Website PPG Kemenag

Adapun alamat Website tersebut adalah sebagai berikut

http://sikurma.kemenag.go.id/ppg/


Lantas bagaimana cara loginnya?

Tentu saja untuk Login kita harus memasukkan Username dan Password.

Namun sampai sekarang belum ada penjelasan mengenai Username dan Password yang akan digunakan nantinya.

Sepertinya Aplikasi ini masih dalam tahap persiapan. Namun tidak ada salahnya kita mempelajarinya terlebih dahulu agar nanti bisa menggunakannya dengan baik.

Demikianlah informasi mengenai Alamat Website PPG Kemenag. Untuk selanjutnya silahkan anda baca artikel berikut "Gambaran Singkat Penggunaan Aplikasi PPG Kemenag".
Sumber https://www.harianmadrasah.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Model Pembelajaran Penemuan ( Discovery Learning )
Mei 16, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.




Pengertian dan Langkah - langkah Model Pembelajaran Discovery Learning - Dalam pendidikan, model pembelajaran merupakan salah satu alat yang bisa dipergunakan oleh para pendidik agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan maksimal. 

Selain itu model pembelajaran yang diaplikasikan oleh pendidik pada setiap pembelajarannya akan membuat kegiatan belajar mengajar menjadi bervariasi dan tentu hal ini bisa menghindari kejenuhan siswa dalam belajar.

Model Pembelajaran Discovery Learning

Perlu diketahui bersama, model pembelajaran yang menitik beratkan peran aktif siswa akan memberikan suatu efek positif dan bagus ketimbang model belajar yang menitikberatkan keaktifan guru dalam kegiatan pembelajarannya. 

Siswa yang hanya mencatat dan guru berbicara tidak memberikan pengalaman belajar secara maksimal. Padahal jika meniliki manfaat pengalaman belajar terhadap siswa akan ada banyak sekali yang bisa siswa peroleh terutama dalam hal wawasan keilmuan. 
Nah salah satu model pembelajaran yang mengusung keaktifan siswa adalah model pembelajaran discovery learning. Pada intinya model belajar ini akan menyuruh siswa untuk menemukan suatu jawaban atas permasalahan yang berikan sang guru.

Pengertian Model Pembelajaran Discovery Learning

Metode pembelajaran discovery Learning merupakan  sebuah teori pembelajaran  yang diartikan sebagai bentuk proses belajar yang terjadi jika  siswa tidak disuguhkan dengan pelajaran dalam bentuk akhirnya, akan tetapi  diharapkan untuk mengorganisasi  sendiri.

Sebagai  sebuah strategi  belajar,  ​model pembelajaran discovery learning memiliki prinsip yang mirip dengan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran problem solving​. Perbedaannya dengan model ​discovery yaitu bahwa  pada  model pembelajaran ini per​masalahan yang diberikan kepada peserta didik sebagai suatu masalah yang sudah direkayasa  oleh pendidik, sedangkan  pada model pembelajaran inkuiri  permasalahan yang dibuat bukan merupakan hasil rekayasa.

Nah perbedaannya dengan problem Solving adalah model pembelajaran problem solving lebih memberikan tekanan terhadap keterampilan dalam memecahkan permasalahan. Akan tetapi prinsip pembelajaran yang terlihat jelas dalam model discovery Learning adalah bahan  pelajaran atau materi yang hendak diberikan  tidak disampaikan seutuhnya, sebagai gantinya siswa akan didorong untuk menganalisis sendiri apa yang ingin dicari kemudian para siswa mengorgansasi  apa yang telah mereka pahami dalam suatu bentuk final. 

Ada beberapa langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning. Untuk uraiannya adalah sebagai berikut:
  1.     Menentukan tujuan dari pembelajaran
  2.     Menganalisis/mengidentifikasi karakterisitik para siswa
  3.     Memilih materi pelajaran.
  4.     Menentukan topik - topik yang harus dipelajari oleh peserta didik secara induktif (dari contoh yang bersifat general)
  5.     Mengembangkan suatu bahan belajar yang berupa ilustrasi, contoh - contoh, atau tugas yang nantinya dipelajari oleh siswa.
  6.     Mengorganisir topik - topik pembelajaran dari yang sederhana ke yang lebih kompleks.
  7.     Melakukan penilaian hasil belajar dan proses.




Sumber https://pendidikanalmun.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

KKM (Kebohongan) Apakah Terstruktur dalam Pendidikan ?
Mei 16, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Kurikulum kita mengikuti filosofi mastery learning (belajar tuntas). Belajar tuntas (mastery learning) adalah filosofi pembelajaran yang berdasar pada anggapan bahwa semua siswa dapat belajar bila diberi waktu yang cukup dan kesempatan belajar yang memadai.
Selain itu, dipercayai bahwa siswa dapat mencapai penguasaan akan suatu materi bila standar kurikulum dirumuskan dan dinyatakan dengan jelas, penilaian mengukur dengan tepat kemajuan siswa dalam suatu materi, dan pembelajaran berlangsung sesuai dengan kurikulum. Dalam metode belajar tuntas, siswa tidak berpindah ke tujuan belajar selanjutnya bila ia belum menunjukkan kecakapan dalam materi sebelumnya.
Belajar tuntas berdasar pada beberapa premis, diantaranya: a) Semua individu dapat belajar, b) Orang belajar dengan cara dan kecepatan yang berbeda, c) Dalam kondisi belajar yang memadai, dampak dari perbedaan individu hampir tidak ada, d) Kesalahan belajar yang tidak dikoreksi menjadi sumber utama kesulitan belajar.
Siswa yang tidak menyelesaikan suatu topik dengan memuaskan diberi pembelajaran tambahan sampai mereka berhasil (remidial). Siswa yang menguasai topik tersebut lebih cepat akan dilibatkan dalam kegiatan pengayaan sampai semua siswa dalam kelas tersebut bisa melanjutkan ke topik lainnya secara bersama-sama. Dalam lingkungan belajar tuntas, guru melakukan berbagai teknik pembelajaran, dengan pemberian umpan balik yang banyak dan spesifik menggunakan tes diagnostik, tes formatif, dan pengoreksian kesalahan selama belajar. Tes yang digunakan di dalam metode ini adalah tes berdasarkan acuan kriteria dan bukan atas acuan norma.
Karenanya konsep mastery learning ini maka Kurikulum kita (KTSP juga K-13) dijelaskan dengan SK, KD dan lainnya secara detail, dan dibuatlah KKM (kriteria ketuntasan minimal) yang dianggap memuaskan dan remidial bila seorang anak belum mencapai KKM yang ditentukan.
Lalu bagaimana menentukan KKM?
Dijelaskan bahwa cara menetukan KKM melihat tiga (3) hal/aspek yaitu; 1) Karakteristik peserta didik (intake), 2) Karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/ kompetensi), dan 3) Kondisi satuan pendidikan (daya dukung) pada proses pencapaian kompetensi.
Pertanyannya: Apakah sekolah melakukan itu dengan baik dan benar bahkan serius? Baik mulai no 1 sampai no 3, utamanya no 2? Benarkah dilakukan?
Lalu setelah ditentukan KKM-nya, apakah anak-anak mendapatkan remidial dengan benar? Dalam artian bila ditentukan KKM misalnya 75 untuk mata pelajaran IPS dan IPA lalu 7.0 untuk Matematika.
Apakah setelah anak-anak mendapatkan evaluasi dan nilainya mencapai dibawah KKM apakah mesti diremidi? Ya seharusnya…berapa kalikah remidial itu (secukupnya, seharusnya sampai KKM tuntas/dicapai). Mungkinkah itu dilakukan bila melihat realita, utamanya pelajaran Matematika atau B. Inggris juga lainnya?
Matematika misalnya: Anak yang sangat pandai mendapat nilai 80 – 100, yang pandai mendapat 70 – 75, yang sedang 60 – 65, yang kurang 45 – 50, dan yang kurang sekali mendapat skore/nilai 20-40. Ini realitanya.
Setelah diremidial misalnya, maka hasil remidi 2x, anak-anak yang mendapat skore 60 dan 50 mencapai skore 70 (memuaskan, tuntas sesuai KKM). Dan anak yang mendapatkan skore 20 -40, mungkin perlu remidial 5-7x, supaya tuntas sesuai KKM.
Pertanyaan yang sangat sulit dijawab adalah:
1) Apakah yang mendapat 70 asli dan 70 remidial akan sama diraport-nya dan juga pemahamannya?
2)  Apakah anak-anak yang mendapat nilai 20 – 40, mampu mencapai 70 dengan remidial 5-7x, misalnya?
3) Kalaulah mampu, apa makna nilai itu buat mereka? Apakah mereka akan paham dan tuntas materi KD tersebut?
4. Mungkinkah guru/sekolah melakukan remidial sebanyak itu?
Karena konsep besarnya sudah bermasalah (sebab tidak ada KKM sekolah yang 5.0 misalnya, 6.0; 6.5,  justru yang banyak malah 7.5 dan 8.0, minimal 7.0), maka remidial akan sekadar remidial, raport tidak mencerminkan dan menceritakan keadaan siswa yang sebenarnya. Karena takut akan tidak naik/lulus, setiap anak mesti naik/lulus, maka bagaimanapun harus diupayakan nilai sesuai KKM. Apa yang terjadi?
Marilah kita bicara sebagai seorang pendidik yang tahu realitas dilapangan, dan bukan sekadar konsep diatas kertas. Bagaimana mensingkronkan antara idealisme dan realitas dilapangan?
Muhammad Alwi, S.Psi, MM

Sumber : https://pendidikanpositif.com/2018/12/27/kkm-dan-kebohongan-terstruktur-pendidikan/

Sumber https://pendidikanalmun.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Label 2

Ads 728x90