Seputar Peluang Usaha Terbaru

Download Free Android Apps

Label 1

Ads 728x90

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Featured Games
Cookie Consent

We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back
Featured Apps

Labels

APMODY

Mauris lacus dolor, ultricies vel sodales ac, egestas vel eros.

Ad Space 300x250
Buy Now
Responsive Adsense Ad Here
Buy Now
APMODY: the best blogger template for posting apps as well as articles in one blog.. Get now!

Popular Posts

Permendikbud No.16 Tahun 2019 tentang Penataan Linieritas Guru
Bersertifikat Pendidik
Juli 23, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tentang Penataan Linearitas Guru Bersertifikat Pendidik

Assalaamu'alaikum Sahabat Hanapibani.com 

Terkait dengan diterbitkannya sebuah Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Pada tanggal 19 Juli 2019 mengenai pengelolaan Simpatika periode Semester 1 (Ganjil) di Tahun Pelajaran 2019/2020 (Unduh DISINI). Disana terdapat ada salah satu pointnya yang menjadi sorotan dan perhatian khusus yakni mengenai hal yang menyebutkan akan diimplementasikannya Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Linieritas Guru Bersertifikat

Permendikbud ini sebenarnya sudah mulai berlaku pada tanggal diundangkan (23 Mei 2019). 
Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 ini merupakan Permendikbud tentang Perubahan Atas peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nomor 46 Tahun 2016 tentang Penataan Linearitas Guru Bersertifikat Pendidik. Seperti yang telah disebutkan didalam Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 bahwa Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016 dipandang belum memadai serta belum bisa menampung kebutuhan masyarakat sehingga menjadi alasan pertimbangan didalam mengubah Permendikbud tersebut. 
Berikut ini adalah review kami mengenai Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019:

A. Pasal 1 Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 menjelaskan bahwa Permendikbud ini Mengubah Lampiran dalam Permendikbud Nomor 46 Tahun 2016 tentang Penataan Linieritas Guru Bersertifikat Pendidik sehingga berbunyi sebagaimana tercantum dalam Lampiran I, Lampiran II, Lampiran III, Lampiran IV, dan Lampiran V yang merupakan bagian tidak terpisahkan dengan Peraturan Menteri ini. Adapun Penjabaran Lampiran dari Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 adalah sebagai berikut:
  • Lampiran 1 menjelaskan tentang kesesuaian Bidang atau Mata Pelajaran yang diampuh dengan Sertifikat Pendidik Taman Kanak-Kanak dimana Guru Kelas dengan Kode sertifikat0 24 linear dengan guru kelas TK dengan kode sertifikat 020. Selanjutnya, apabila guru kelas RA degan kode sertifikat 021 mutasi ke sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, maka kode sertifikatnya linear dengan kode sertifikat 020. Kemudian yang perlu menjadi catatan bahwa Guru yang memiliki sertifikat pendidik selain sertifikat pendidik guru kelas TK, dapat pindah dan mengajar di TK sebagai guru kelas TK apabila memiliki kualifikasi Akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGTK, PGPAID, atau psikologi.

  • Lampiran II menjelaskan tentang Kesesuaian Bidang atau Mata Pelajaran yang diampuh dengan Sertifikat Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar. Dalam lampiran ini menjelaskan tentang linearitas guru kelas MI dimana guru kelas MI dengan kode sertifikat 028 mutasi ke sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, maka kode sertifikatnya linear dengan kode sertifikat 027. Selanjutnya didalam lampiran II Permendikbud Nomor 16 tahun 2019 ini juga menjelaskan bahwa kode sertifikat 047(Pendidikan Matematika), 050 (Pendidikan Kewargannegaraan), 054 (Bahasa Indonesia), 057 (IPA-Fisika), 060( IPS) linear dengan kode sertifikat 027. Kemudian Guru yang memiliki kode sertifikat 084,087, 094, 097, 100,114, 117,120, 124, 154, 156, 180, 184, 187, 190, 204, 207, 210, 214, 215, 310, 318, 319, 320, 321, dan 504 dapat pindah dan mengajar sebagai guru kelas di SD. Selanjutnya, Guru dengna kode sertifikat 107 (Pendidikan Jasmani) linear dengan kode sertifikat 220. Guru dengan kode sertifikat 062 (Bahasa Daearah) harus dikonversi ke kode sertifikat 746, 747, 748, atau 750 (sesuai dengan bahasa daerah yang diajarkan) dan apabila bahasa daerah yang diajarkan selain bahasa daerah dengan kode sertifikat 746, 747, 748, atau 750, maka harus dikonversi ke kode sertifikat 749. Guru dengan kode 063 harus dikonversi ke bidang studi seni budaya, olahraga, atau salah satu bidang studi  produktif di SMK yang tercantum pada sertifikat pendidiknya. Selanjutnya yang perlu menjadi catatan dalam lampiran ini adalah guru yang bersertifikat pendidik selain bersertifikat pendidik guru kelas SD, dapat pindah dan mengajar di SD sebagai guru kelas dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Guru bersertifikat pendidik Bahasa Inggris (157) yang memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGSD atau psikologi
    • Guru bersertifikat pendidik guru kelas TK (020) yang memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGSD atau psikologi.
    • Guru pada jenjang SMP, SMA, dan SMK atau sederajat yang telah memiliki sertifikat pendidik tertentu, apabila memiliki kualifikasi akademik Sarjana/Diploma IV (S-1/D-IV) PGSD atau psikologi.
     

    • Lampiran III menjelaskan tentang Kesesuaian Bidang atau Mata Pelajaran yang diampuh dengan Sertifikat Pendidikan Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Lampiran ini menjelaskan bahwa kode sertifikat 084 dan 310 linear dengn kode sertifikat 154. Kode sertifikat 087 linear dengan kode sertifikat 156. Kode sertifikat 094 dan 318 linear dengan kode sertifikat 180. Kode sertifikat 319 linear dengan kode sertifikat 184. Kode sertifikat 320 dan 504 linear denga kode sertifikat 187. Kode sertifikat 124 dan 321 linear dengan kode sertifikat 190. Kode sertifikat 120 dan 210 linear dengan kode sertifikat 100. Kode sertifikat 114 linear dengan kode sertifikat 207. Kode sertifikat 117 linear dengan kode sertifikat 204. Kode sertifikat 090 dan 311 linear dengan kode sertifikat 157. Guru yang memiliki sertifikat dengan kode 097 dapat mengajar mata pelajaran Prakarya,  jika aspek yang dipilih oleh sekolah memiliki KI KD yang dapat diajarkan oleh guru IPA.  Guru yang memiliki sertifikat dengan kode 184 dapat mengajar
      mata pelajaran Prakarya, jika aspek yang dipilih oleh sekolah memiliki KI KD yang dapat diajarkan oleh guru Fisika. Guru yang memiliki sertifikat dengan kode 187 dapat mengajar
      mata pelajaran Prakarya,  jika aspek yang dipilih oleh sekolah memiliki KI KD yang dapat diajarkan oleh guru Kimia. Guru yang memiliki sertifikat dengan kode 190 dapat mengajar
      mata pelajaran Prakarya, jika aspek yang dipilih oleh sekolah memiliki KI KD yang dapat diajarkan. Adapun keterangan yang lain, dapat anda baca lebih detail pada lampiran III Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 ini.




      • Lampiran IV menjelaskan tentang Kesesuaian Bidang atau Mata Pelajaran yang diampuh dengan Sertifikat Pendidikan Jenjang Sekolah Atas




      • Lampiran V menjelaskan tentang Kesesuaian Mata Pelajaran  kelompok A (Nasional) dan Mata Pelajaran Kelompok B (Perwilayah) yang diampuh dengan Sertifikat Pendidikan Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan




        B. Pasal 2 Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019 menjelaskan bahwa Permendikbud ini berlaku sejak tanggal diundangkan dan memiliki daya laku surut sejak tanggal 2 Januari 2019.
        Demikianlah informasi mengenai Permendikbud Nomor 16 Tahun 2019. Dibawah ini kami sertakan link unduhan, semoga bermanfaat buat semua. 

        Sumber https://www.hanapibani.com/

        Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

        Soal Penilaian Harian K13 Kelas 3 SD Semester 1 dan Kisi-Kisi
        Juli 23, 2019
        Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

        Soal dan Kisi-kisi K13 Kelas 2 Bapak/ Ibu Guru pada kesempatan Kali ini, Admin sengaja ingin membagikan salah satu administrasi penilaian dewan guru yang telah diisi dalam bentuk serangkaian soal yang ada pada lembaga sekolah dasar maupun madrasah ibtidaiyah  pada Kurikulum K13 khususnya yan Direvisi 2018. Bank soal  yang ingin kami bagikan seyogyanya dan berusaha kami sesuaikan dengan materi kurikulum 2013 yang digunakan hari ini sehingga Anda hanya perlu unduh serta mengedit dan bisa langsung digunakan. Program evaluasi yang dishare adalah dalam bentuk bank soal ini, yang kami sediakan secara teratur dalam bentuk per tema dan beberapa dalam bentuk tema juga disertai dengan kisi-kisinya. Di bawah ini adalah daftar bank soal kami yang berkisar dari serangkaian pertanyaan tes harian, ujian tengah semester, ujian liburan, kelulusan kelas berulang, pertanyaan ujian, dan banyak lagi.Semuanya itu Admin ambil dari beberapa sumber terpercaya dengan harapan bisa bermanfaat bagi Anda semua dalam mempersiapkan evaluasi pembelajaran

         Admin sengaja ingin membagikan salah satu administrasi penilaian dewan guru yang telah di Soal Penilaian Harian K13 Kelas 3 SD Semester 1 dan Kisi-Kisi

        Download Bank Soal PH K13 Kelas 3 dan kisi-kisi

        Beberapa manfaat dari kegiatan penilaian Harian yang dilaksanakan disetiap akhir pembelajaran Sub Tema untuk Kurikulum 2013 diantaranya sebagai berikut:
        Untuk siswa:
        • Menyadari pentingnya waktu, siswa yang ujian harus tahu kapan kegiatan ujian akan dilakukan. Siswa harus menghabiskan waktu belajar di perpustakaan, belajar dalam kelompok, belajar di rumah, atau bahkan bimbingan belajar. Karena ujian itu tidak mungkin sebelum terlambat untuk pergi ke sekolah / semester untuk ujian.
        • Memahami pentingnya belajar melalui pengulangan, jika siswa ingin mendapatkan nilai bagus, mereka harus belajar. Jika tidak dipelajari, agen terapeutik dapat dikonfirmasi. Materi yang Anda pelajari saat keluar selama ujian adalah kebahagiaan siswa, dan ada perasaan bahagia karena mereka memiliki kualitas tinggi dan mereka tidak perlu mengikuti perawatan. Melalui ini kita akan sangat memahami pentingnya belajar.
        • Tanggung jawab melalui siswa harus dapat dipertanggungjawabkan, dipelajari dan dibutuhkan jika mereka ingin menjadi yang terbaik; jika mereka tidak belajar, nilainya rendah dan harus diperbaiki. Jika curang siap untuk mendapatkan penyebab cheat grosir. Melalui ini, siswa akan memahami bahwa mereka harus bertanggung jawab atas pelajaran yang diuji sehingga mereka dapat diterapkan pada kehidupan orang lain.
        • Latihan kejujuran, tes kejujuran melatih siswa ketika siswa menguji diri mereka sendiri untuk bertanya pada diri sendiri hasil pekerjaan yang dilakukan. Jika Anda sudah terbiasa menggunakannya untuk kehidupan lain.
        • Memperkirakan hasil bisnis, terlepas dari hasil ujian, siswa harus menerimanya. Nilai rendah atau tinggi adalah hasil dari konflik setelah belajar.
        • Semangat kampanye melalui siswa mereka harus memiliki semangat pertempuran yang berkelanjutan untuk mendapatkan hasil pendidikan terbaik. Karena itu, upaya terbaik adalah mendekati harapan.
        baca dulu
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 1
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 2
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 3
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 4
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 5
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 6
        Dengan mengetahui bagaimana melakukan ini, melalui replikasi, siswa dapat mempelajari langkah-langkah untuk mendapatkan kinerja terbaik dalam mencapai nilai tertinggi sehingga mereka dapat menjadi pemenang di kelas. Mereka juga berlaku di bidang lain kehidupan mereka, dan untuk mencapai kinerja apa pun, perencanaan yang cermat dan operasi yang baik diperlukan.

        Untuk guru:

        • Siswa yang memiliki hak untuk melanjutkan studi mereka dan setiap siswa yang belum menguasai materi dapat diidentifikasi.
        • Guru dapat mengetahui apakah materi yang diajarkan itu ideal untuk siswa atau tidak, dan jika artikelnya sempurna, tidak akan ada perubahan ketika itu ada.
        • Guru akan tahu apakah metode yang digunakan ideal atau tidak. Jika hasil yang diperoleh oleh sebagian besar siswa bernilai tinggi, metode ini akan ideal. Jika tidak, jika sebagian besar hasil yang diperoleh siswa buruk, metode yang digunakan harus dipertimbangkan kembali dan, jika perlu, diganti.
        Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018  untuk kelas 3 diantaranya sebagai berikut

        Soal Penilaian harian K13 Revisi 2018 TEMA_1_PH beserta KISI-KISI
        Soal Penilaian harian K13 Revisi 2018 TEMA_2_PH beserta KISI-KISI
        Soal Penilaian harian K13 Revisi 2018 TEMA_3_PH beserta KISI-KISI
        Soal Penilaian harian K13 Revisi 2018 TEMA_4_PH beserta KISI-KISI

        Atau pilih yang ini

        Soal PH/ UH k13 revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Sub tema 1
        Soal PH/ UH k13 revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Sub tema 2
        Soal PH/ UH k13 revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Sub tema 3
        Soal PH/ UH k13 revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Sub tema 4
        Tema 1
        Soal Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Subtema 1  (Download)
        Soal Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Subtema 2 (Download)
        Soal Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Subtema 3  (Download)
        Soal Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 (Download)
        Kisi-Kisi Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Sub 1 [Download]
        Kisi-Kisi
        Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Sub 2 [Download]
        Kisi-Kisi
        Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Sub 3  [Download]
        Kisi-Kisi
        Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Sub 4 [Download]
        Tema 2
        Soal Penilaian harian (PH) Kelas 3 Tema 2 Sub tema 1 k13 revisi 2018 Download]
        Soal Penilaian harian (PH) Kelas 3 Tema 2 Sub tema 1 k13 revisi 2018 Download]
        Soal Penilaian harian (PH) Kelas 3 Tema 2 Sub tema 2 k13 revisi 2018 Download]
        Soal Penilaian harian (PH) Kelas 3 Tema 2 Sub tema 2 k13 revisi 2018 Download]
        Soal Penilaian harian (PH) Kelas 3 Tema 2 Sub tema 3 k13 revisi 2018 Download]
        Soal Penilaian harian (PH) Kelas 3 Tema 2 Sub tema 3 k13 revisi 2018 Download]
        Kisi-Kisi Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub 1 [Download]
        Kisi-Kisi Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub 2 [Download]
        Kisi-Kisi Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub 3 [Download]
        Kisi-Kisi Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub 4 [Download]
        Tema 3
        Soal Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub tema 1 [Download]
        Soal Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub tema 2 [Download]
        Soal Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub tema 3 [Download]
        Soal Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub tema 4 Download]
        Kisi-Kisi Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub 1 [Download]
        Kisi-Kisi
        Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub 2 [Download]
        Kisi-Kisi
        Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub 3 [Download]
        Kisi-Kisi
        Penilaian harian (PH) K13 Revisi 2018 Kelas 3 Tema 3 Sub 4 [Download]
         
        Tema 4

        Sumber https://www.kangmartho.com/

        Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

        Soal Penilaian Harian K13 Kelas 2 SD Semester 1 dan Kisi-Kisi
        Juli 23, 2019
        Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

        Soal dan Kisi-kisi K13 Kelas 2 Bapak/ Ibu Guru pada kesempatan Kali ini, Admin sengaja ingin membagikan salah satu administrasi penilaian dewan guru yang telah diisi dalam bentuk serangkaian soal yang ada pada lembaga sekolah dasar maupun madrasah ibtidaiyah  pada Kurikulum K13 khususnya yan Direvisi 2018. Bank soal  yang ingin kami bagikan seyogyanya dan berusaha kami sesuaikan dengan materi kurikulum 2013 yang digunakan hari ini sehingga Anda hanya perlu unduh serta mengedit dan bisa langsung digunakan. Program evaluasi yang dishare adalah dalam bentuk bank soal ini, yang kami sediakan secara teratur dalam bentuk per tema dan beberapa dalam bentuk tema juga disertai dengan kisi-kisinya. Di bawah ini adalah daftar bank soal kami yang berkisar dari serangkaian pertanyaan tes harian, ujian tengah semester, ujian liburan, kelulusan kelas berulang, pertanyaan ujian, dan banyak lagi.Semuanya itu Admin ambil dari http://fileedukasi .blogspot.com, dengan harapan bisa bermanfaat bagi Anda semua dalam mempersiapkan evaluasi pembelajaran
         Admin sengaja ingin membagikan salah satu administrasi penilaian dewan guru yang telah di Soal Penilaian Harian K13 Kelas 2 SD Semester 1 dan Kisi-Kisi

        Download Bank Soal PH K13 Kelas 2 dan kisi-kisi

        Baca juga
        Soal K13 dan kisi-kisi kelas 2 lengkap terbaru 2 Semester
        Beberapa manfaat dari kegiatan penilaian Harian yang dilaksanakan disetiap akhir pembelajaran Sub Tema untuk Kurikulum 2013 diantaranya sebagai berikut:
        Untuk siswa:
        • Menyadari pentingnya waktu, siswa yang ujian harus tahu kapan kegiatan ujian akan dilakukan. Siswa harus menghabiskan waktu belajar di perpustakaan, belajar dalam kelompok, belajar di rumah, atau bahkan bimbingan belajar. Karena ujian itu tidak mungkin sebelum terlambat untuk pergi ke sekolah / semester untuk ujian.
        • Memahami pentingnya belajar melalui pengulangan, jika siswa ingin mendapatkan nilai bagus, mereka harus belajar. Jika tidak dipelajari, agen terapeutik dapat dikonfirmasi. Materi yang Anda pelajari saat keluar selama ujian adalah kebahagiaan siswa, dan ada perasaan bahagia karena mereka memiliki kualitas tinggi dan mereka tidak perlu mengikuti perawatan. Melalui ini kita akan sangat memahami pentingnya belajar.
        • Tanggung jawab melalui siswa harus dapat dipertanggungjawabkan, dipelajari dan dibutuhkan jika mereka ingin menjadi yang terbaik; jika mereka tidak belajar, nilainya rendah dan harus diperbaiki. Jika curang siap untuk mendapatkan penyebab cheat grosir. Melalui ini, siswa akan memahami bahwa mereka harus bertanggung jawab atas pelajaran yang diuji sehingga mereka dapat diterapkan pada kehidupan orang lain.
        • Latihan kejujuran, tes kejujuran melatih siswa ketika siswa menguji diri mereka sendiri untuk bertanya pada diri sendiri hasil pekerjaan yang dilakukan. Jika Anda sudah terbiasa menggunakannya untuk kehidupan lain.
        • Memperkirakan hasil bisnis, terlepas dari hasil ujian, siswa harus menerimanya. Nilai rendah atau tinggi adalah hasil dari konflik setelah belajar.
        • Semangat kampanye melalui siswa mereka harus memiliki semangat pertempuran yang berkelanjutan untuk mendapatkan hasil pendidikan terbaik. Karena itu, upaya terbaik adalah mendekati harapan.
        baca dulu
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 1
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 2
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 3
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 4
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 5
        Soal PH K13 dan Kisi-Kisi Kelas 6
        Dengan mengetahui bagaimana melakukan ini, melalui replikasi, siswa dapat mempelajari langkah-langkah untuk mendapatkan kinerja terbaik dalam mencapai nilai tertinggi sehingga mereka dapat menjadi pemenang di kelas. Mereka juga berlaku di bidang lain kehidupan mereka, dan untuk mencapai kinerja apa pun, perencanaan yang cermat dan operasi yang baik diperlukan.

         (PH K13)
        Untuk guru:

        • Siswa yang memiliki hak untuk melanjutkan studi mereka dan setiap siswa yang belum menguasai materi dapat diidentifikasi.
        • Guru dapat mengetahui apakah materi yang diajarkan itu ideal untuk siswa atau tidak, dan jika artikelnya sempurna, tidak akan ada perubahan ketika itu ada.
        • Guru akan tahu apakah metode yang digunakan ideal atau tidak. Jika hasil yang diperoleh oleh sebagian besar siswa bernilai tinggi, metode ini akan ideal. Jika tidak, jika sebagian besar hasil yang diperoleh siswa buruk, metode yang digunakan harus dipertimbangkan kembali dan, jika perlu, diganti.

        SOAL PENILAIAN HARIAN (PH K13) KELAS II TEMA 1 SD. 4
        SOAL PENILAIAN HARIAN (PH K13) KELAS 2 TEMA 1 
        SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 2 TEMA 2 
        SOAL PENILAIAN HARIAN  (PH K13) KELAS 2 TEMA 3
        SOAL PENILAIAN HARIAN  (PH K13) KELAS 2 TEMA 4 
        SOAL PENILAIAN HARIAN (PH K13) KELAS 2 TEMA 5 
        SOAL PENILAIAN HARIAN KELAS 2 TEMA 6 

        Sumber https://www.kangmartho.com/

        Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

        Profil dan Penemuan Katup Jantung Buatan Oleh Charles A. Hufnagel
        Juli 23, 2019
        Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

        Charles A. Hufnagel, MD (15 Agustus 1916 - 31 Mei 1989) adalah seorang ahli bedah Amerika yang pada awal 1950-an menemukan katup jantung buatan pertama.

        Katup jantung buatan Charles Hufnagel dipasang sebagai implan pada seorang pasien berusia 30 tahun. Pasien bisa kembali hidup normal setelah pemasangan implan katup jantung tersebut dan hingga sekarang desain katup jantung terus mengalami perkembangan.

         adalah seorang ahli bedah Amerika yang pada awal  Profil dan Penemuan Katup Jantung Buatan Oleh Charles A. Hufnagel
        Charles A. Hufnagel, MD (15 Agustus 1916 - 31 Mei 1989) adalah seorang ahli bedah Amerika yang pada awal 1950-an menemukan katup jantung buatan pertama.

        Hufnagel lahir di Louisville, Kentucky dan dibesarkan di Richmond, Indiana. Ayahnya juga seorang ahli bedah. Dia lulus dari Universitas Notre Dame dan memperoleh gelar kedokterannya dari Harvard Medical School. Di Rumah Sakit Peter Bent Brigham, ia mulai bekerja pada jantung dan transplantasi organ lainnya dan mengeksplorasi penggunaan plastik untuk menggantikan pembuluh darah, mengembangkan teknik yang disebut fiksasi multi-titik, yang akan sangat penting dalam penempatan katup aorta buatan.

        Pada tahun 1950, Dr. Hufnagel bergabung dengan fakultas Universitas Georgetown sebagai direktur laboratorium penelitian bedah dan profesor bedah. Dia menjadi ketua departemen bedah pada tahun 1969 dan memegang jabatan sampai tahun 1979.

         adalah seorang ahli bedah Amerika yang pada awal  Profil dan Penemuan Katup Jantung Buatan Oleh Charles A. HufnagelPada bulan September 1952, Dr. Hufnagel, yang saat itu direktur laboratorium penelitian bedah Pusat Medis Universitas Georgetown, menanamkan katup "bantu" aorta ke dalam sistem peredaran darah seorang wanita berusia 30 tahun. Katup itu terdiri atas bola plastik seukuran kacang polong di dalam tabung bilik — setebal satu setengah inci dan satu inci — yang mengatur aliran darah ke jantung. Katup yang diproduksi mengkompensasi katup asli yang rusak, tetapi tidak benar-benar menggantinya, sambil memastikan bahwa jantung mampu memompa darah dengan sukses ke dalam sistem sirkulasi tubuh.

        Tujuan katup aorta adalah untuk mencegah darah mengalir mundur ke jantung. Di katup buatan, kacang plastik yang bergerak bebas di dalam tabung dicabut oleh darah yang berdenyut dengan setiap detak jantung, kemudian jatuh kembali untuk menutup tabung di antara pulsa.

        Pasien pertama yang menerima implan plastik mengalami demam rematik, yang telah merusak parah katup aorta ke titik di mana ia diberi sedikit kesempatan untuk hidup tak lama setelah implan, ia dapat. (sumber: en.wikipedia.org)
        Sumber https://blogpenemu.blogspot.com/

        Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

        Langkah-Langkah Menulis Surat Pribadi dengan Baik | Komposisi, Isi, dan
Bahasa
        Juli 23, 2019
        Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

        IndoINT.com_ Kali ini admin akan membagikan materi tentang surat pribadi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi materi tentang surat pribadi. Semoga materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Dan kiranya materi ini dapat memberikan pemahaman yang luar biasa kepada anak didik dalam memahami lebih tentang surat pribadi. Nah, kali ini admin akan menjelaskan bagaimana cara menulis surat pribadi dengan memerhatikan komposisi, isi, dan bahasa.

         Kali ini admin akan membagikan materi tentang surat pribadi dalam pembelajaran bahasa Ind Langkah-Langkah Menulis Surat Pribadi dengan Baik | Komposisi, Isi, dan Bahasa
        www.IndoINT.com

        Berikut adalah contoh surat pribadi.
        Jakarta, 20 Juli 2019

        Untuk sobatku Indri
        di Malang

        Halo, Indri, apa kabar? Kuharap kamu di sini sehat-sehat selalu dan baik-baik saja seperti aku. Dri, aku minta maaf kalau baru saat ini dapat mengirim surat untukmu. Ternyata alamat yang kamu berikan tempo hari ketika kamu belum pindah telah hilang. Aku kesulitan untuk mencari alamatmu. Aku senang ternyata kamu lebih dahulu mengirim surat untukku. Dari suratmu itu aku mengetahui alamatmu. Dri, aku sangat kehilangan dengan kepindahanmu, kamu tahu kita adalah sobat karib, sangat sulit untuk melupakan keakraban kita. Aku pun memahami kepindahanmu karena orang tuam ditugaskan di Malang. O, ya Dri, bagaimana ulanganmu? Apa masih selalu nomor satu? Itulah, Dri yang selalu kuingat yang akan kutiru. Kamu adalah pelajar yang pantang menyerah, rajin, dan pintar.
        Aku kira hanya sampai di sini suratku, doakan aku agar dapat seperti dirimu!
        Trims.

        Sahabatmu,

        Susana

        Surat pribadi di atas digunakan untuk berkomunikasi antarpribadi dan sifatnya tidak resmi. Masalah yang dikomunikasikan juga masalah-masalah pribadi. Bahasa yang digunakan sangat dipengaruhi oleh sifat hubungan antarpribadi orang yang membuat surat tersebut. Misalnya, dengan orang yang lebih tua, lebih hormat, maka bahasa yang digunakan juga bahasa yang menunjukkan rasa hormat, dengan teman sebaya yang sudah akrab, maka dapat memakai bahasa pergaulan yang santai, hangat, dan sejenisnya.

        Surat pribadi ditulis dengan bahasa santai, lugas, dan mudah dipahami. Hampir sama dengan jenis surat lainnya, susunan surat pribadi terdiri atas:
        1. tempat dan tanggal penulisan, biasanya terletak di sudut kanan atas, dari situ kita bisa mengetahui kapan dan di mana surat itu ditulis.
        2. tujuan surat, berisi kepada siapa surat itu ditujukan dan biasanya terletak di sudut kanan, di bawah penulisan tempat dan tanggal penulisan.
        3. isi surat
        4. identitas penulis, berisi identitas si penulis surat dan terletak di sudut kanan bawah setelah isi surat.
        Bahasa yang digunakan dalam surat pribadi bersifat subjektif. Akan tetapi, sebaiknya bahasa dalam surat pribadi harus komunikatif agar informasi yang disampaikan dapat dimengerti oleh penerima.

        Kumpulan Contoh Surat Pribadi:
        Contoh 1
        Sangatta, 22 Mei 2019

        Yth. Pamanda Resky
        Jalan Pongtiku 989
        Makale Toraja,

        Dengan hormat,
        Semoga rahmat Tuhan menyertai Paman sekeluarga di Toraja. Bagaimana keadaan bibi dan adik-adik di sana Paman? Tentu baik-baik seperti halnya keadaan keluarga kami di Sangatta.
        Barangkali Paman terkejut dengan datangnya surat ini karena sudah lama kami tidak memberi kabar. Paman masih ingat Alex teman dekat Kak Serli itu? Kisah cinta mereka itulah yang menyebabkan kami berkirim surat kepada Paman.
        Begini Paman, tanggal 21 Desember 2019 yang akan datang, Kak Serli akan menikah dengan Kak Alex. Ayah akan mengadakan acara sederhana pada pernikahan mereka. Maksud ayah hanya akan mengumpulkan sanak saudara pada acara pernikahan tersebut. Oleh karena itu, kami sekeluarga di Sangatta sangat mengharap Paman sekeluarga dapat menghadiri acara tersebut. Rasanya tidak lengkap jika paman tidak hadir.
        Namun, kaulah Paman yang tidak dapat hadir, kami keluarga di Sangatta sangat memakluminya. Yang terpenting doa Paman untuk pernikahan Kak Serli, begitulah pesan dari ayah.

        Paman, sekian dulu kabar dari kami.
        Hormat kami,


        Thiessa dan keluarga Sangatta

         Contoh 2
        Palopo, 3 Juni 2019
        Buat Yulius Kendek
        di Sangatta

        Salam jumpa,
        Teman yang baik, teriring doa semoga engkau di Sangatta baik-baik saja. Sudah lama ya kita tidak saling berkirim kabar?
        Yulius, kuharap persahabatan kita tidak akan putus begitu saja karena tempat dan waktu. Meskipun engkau sekarang sudah bekerja di luar Sulawesi, tetapi saya yakin jika ada waktu nanti kita akan bertemu lagi.
        Walaupun berita ini bukanlah berita yang penting, aku tetap ingin berkirim kabar denganmu. Bagaimana mencari uang di sini? Ceritakan dong kisah dan pengalaman apa saja yang engkau dapatkan selama di perantauan! Aku selalu menunggu kabar darimu.

        Salam, 
        Teman sebangkumu dulu


        Rudi Harianto

        Contoh 3
        Toraja, 5 Juni 2019
        Untuk sobat baruku Irene Plasitha
        di 
        Kota Borneo

        Jabat kenal,
        Semoga Irene masih ingat dengan saya? Yaah, daripada nanti timbul jerawat di dahi, lebih baik saya coba ingatkan Irene sebentar ya...?
        Ingat pesta ulang tahun Reka sekitar tiga bulan yang lalu? Ingat pula dengan MC amatiran yang tampak grogi saat berbicara di depan tamu undangan? Nah, kalau sudah ingat, tepat sekali tebakanmu Iren...! Saya MC konyol yang kampungan itu he... he... he...
        Jangan tambah marah jika saya lancang berkirim surat kepada Irene. Juga jangan heran kalau saya mengetahui alamat Irene. Reka-lah sumber informasi saya. Tidak ada maksud apa-apa kok, selain ingin berkenalan dengan Irene. Jadi terimalah salam perkenalan ini, please dong! 
        Mudah-mudahan Irene mau berkenalan dengan saya. Sungguh saya berharap Irene mau menerima salam kenal saya dan membalas surat dari saya.

        Makasih


        So' Kamboti  

        Demikianlah yang dapat admin bagikan tentang langkah-langkah menulis surat pribadi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam memahami lebih dalam tentang surat pribadi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

        Sumber http://www.ilmubindo.com/

        Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

        Promes Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2019 (Semester 1 & 2)
        Juli 23, 2019
        Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

         karena di sini saya akan membagikan berkas Promes kelas  Promes Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2019 (Semester 1 & 2)
        Lagi cari Prome untuk kelas 3? Ini merupakan artikel yang tepat, karena di sini saya akan membagikan berkas Promes kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2019 Semester 1 dan 2 tahun pelajaran 2019/2020.

        Seperti yang telah kita ketahui, Pomes atau Program Semester merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang perlu dimiliki oleh setiap guru pembimbing. Dengan adanya berkas Promes, rekan guru dapat mengetahui program pembelajaran yang perlu dicapai dalam satu semester, termasuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

        Program Semester yang saya bagikan di sini terdiri dari beberapa bagian, termasuk tema, subtema, alokasi waktu dan pertemuan, dan beberapa bagian yang lainnya. Guru sebetulnya dituntut untuk membuat berkas Promes sendiri, akan tetapi karena kesibukan terkadang lebih banyak orang yang memilih untuk mengunduh berkas Promes yang sudah jadi dan tinggal pakai.

        Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan berkas Promes Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019 Semester 1 dan 2, dengan mengunduh berkas yang kami bagikan di sini tentunya rekan guru tidak perlu membuatnya sendiri, sehingga rekan guru dapat meluangkan waktu pembuatan Promes untuk membuat berkas yang lain.

        Download Promes Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2019


        Untuk memudahkan rekan guru dalam mengunduh berkas, di sini kami juga telah menyusun berkas tersebut supaya bisa diunduh dengan mudah oleh semua rekan guru termasuk guru yang kurang terbiasa dengan internet.

        Untuk mengunduh berkas Promes yang ada di sini sangatlah mudah, rekan guru hanya perlu memilih tombol download yang berada di baris Promes yang ingin di download, nantinya berkas tersebut akan secara otomatis tersimpan ke perangkat yang digunakan.

        Berkas Promes Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2019 tahun pelajaran 2019/2020 yang kami bagikan di sini memiliki format .xlsx, sehingga rekan guru bisa menyesuaikan bagian-bagian yang ada di dalamnya jika memang ada bagian yang perlu disesuaikan, rekan guru bisa mengubahnya menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

        Jika rekan guru ingin mendownload berkas Promes Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2019, silahkan unduh melalui tautan di bawah:

        Promes Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2019

        • Promes K13 Kelas 3 Revisi 2019 Semester 1 : Download
        • Promes K13 Kelas 3 Revisi 2019 Semester 2 : (dalam pengerjaan)


        Demikian informasi yang bisa kami bagian mengenai Promes Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2019, semoga berkas tersebut bisa memudahkan rekan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
        Sumber https://materiku86.blogspot.com/

        Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

        Contoh Format RAPBS TK/PAUD Terbaru
        Juli 22, 2019
        Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


        Salam semangat buat Bunda-bunda PAUD serta rekan Operator Sekolah. Postingan kali ini admin akan menjawab pertanyaan dari seorang rekan kita, dimana pertanyaanya adalah "Admin, seperti apa contoh format RAPBS TK/PAUD bisa share admin?"

        Sebelumnya admin mohon maaf kepada rekan sekalian atas keterlambatann admin untuk menjawab atau merespon pertanyaan rekan sekalian. Semoga lewat postingan ini, dapat membantu untuk menjawab pertanyaan rekan sekalian. Berikut ini Contoh Format RAPBS TK/PAUD Terbaru

         Postingan kali ini admin akan menjawab pertanyaan dari seorang rekan kita Contoh Format RAPBS TK/PAUD Terbaru

        Sebelum kita masuk ke contoh format RAPBS TK/PAUD, alangkah baiknya kita bahas sedikit informasi seputar RAPBS tersebut.  

        Apa itu RAPBS ?
        RAPBS atau Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah adalah rencana biaya dan pendanaan rinci untuk tahun pertama dan merupakan dokumen anggaran sekolah resmi yang harus ditandatangani oleh Komite Sekolah atau Kepala Sekolah serta penanggung jawab atau Bendahara RAPBS, untuk menjadi Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah. RAPBS dibuat untuk satu tahun anggaran pelajaran dan terdiri dari Rencana Pendapatan dan Rencana Penggunaan.

        RAPBS mencakup semua biaya dan pendapatan yang ada pada Rencana Anggaran Pendapatan dan Biaya Tahunan, khususnya untuk tahun anggaran mendatang.  

        Bagaimana Cara Membuat RAPBS TK/PAUD? 

        Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam penyusunan RAPBS TK/PAUD  :
        1.  Silahkan lakukan pendataan kegiatan yang akan dilakukan untuk tahun mendatang, baik kegiatan rutin maupun kegiatan pengembangan berdasarkan evaluasi pelaksanaan kegiatan di tahun sebelumnya ;
        2. Melakukan pendataan terhadap sumber pembiayaan baik rutin maupun pengembangan ;
        3. Selanjutnya, melakukan penyusunan Rencana Kegiatan Sekolah (RKS) yang lengkap berdasarkan langkah poin 1 dan poin 2. Untuk membuat tabel KRS bisa terdiri dari   kolom-kolom nomor urut, uraian kegiatan, sasaran, kolom-kolom perincian dana dari berbagai sumber, dan kolom jumlah.
        4. Setelah melakukan penyusunan RKS, tahapan selanjutnya menyusun RAPBS. Untuk menyusun RAPBS, terdiri dari Rencana Pendapatan dan Rencana Penggunaan. Untuk selengkapnya, silahkan simak informasi berikut ini. 

        Contoh Format RAPBS TK/PAUD Terbaru :

        Download file, silahkan klik DISINI.





        Sumber : paud.id/ dan TK ABA 010 Sungai Jalau

        Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan,  semoga dapat membantu rekan-rekan semuanya dalam melakukan Penyusunan RABPS TK/PAUD serta penyusunan dokumen untuk pengajuan Akreditasi PAUD 2019 melalui SISPENA 2.0.


        Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

        Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

        Label 2

        Ads 728x90