Seputar Peluang Usaha Terbaru

Download Free Android Apps

Label 1

Ads 728x90

Diberdayakan oleh Blogger.

Labels

Featured Games
Cookie Consent

We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.

404Something Wrong!

The page you've requested can't be found. Why don't you browse around?

Take me back
Featured Apps

Labels

APMODY

Mauris lacus dolor, ultricies vel sodales ac, egestas vel eros.

Ad Space 300x250
Buy Now
Responsive Adsense Ad Here
Buy Now
APMODY: the best blogger template for posting apps as well as articles in one blog.. Get now!

Popular Posts

7 Permainan Bahasa Inggris untuk Membuat Pembelajaran Lebih Menyenangkan
Mei 17, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Belajar bahasa yang baru bisa dianggap sebagai hal yang sulit apalagi bahasa tersebut bukanlah bahasa ibu. Dengan bergulirnya waktu menghadapi era insdustri 4.0 saat ini, belajar bahasa asing khususnya bahasa Inggris merupakan suatu keharusan. Akan tetapi belajar bahasa Inggris memerlukan proses yang tidak singkat, meski melalui bebagai proses yang sebut saja melelahkan. Karenanya salah satu tantangan dalam belajar bahasa Inggris adalah menemukan variasi tertentu yang menarik untuk belajar bahasa Inggris secara menyenangkan. Penggunaan cara- cara tradisional saja seperti metode searah guru tidak cukup malahan akan membuat siswa menjadi bosan dan akhirnya malas untuk belajar. Kesimpulannya, belajar bahasa Inggris haruslah menyenangkan , interaktif, dan menarik. Untuk itu pembelajaran bahasa Inggris mesti dikemas dan ditambahkan dengan permainan atau game.

Dalam beberapa kesempatan, menyelipkan game dalam pembelajaran bahasa Inggris sangat efektif memotivasi siswa dalam mengembangkan pengetahuan, menambah kosakata, dan menumbuhkan ketertarikan siswa akan pelajaran bahasa Inggris. Sebagian dari kita mungkin sudah menerapkan atau mengintegrasikan game pembelajaran dengan teknologi yang berkembang melalui gawai atau gadget. Akan tetapi, game konvensional tidak kalah menarik untuk diterapkan dalam pembelajaran. Game konvensional bahasa Inggris lebih mudah digunakan dalam segala kondisi dan situasi, dalam berbagai kesempatan dan keterbatasan sumber daya.

Nah, berikut ini saya rangkum tujuh game bahasa Inggris untuk diterapkan di dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas anda dengan tujuan membuat siswa lebih tertarik dan intens dalam belajar bahasa Inggris.

#1. Permainan Alfabet
Permainan alfabet ini bisa dimainkan oleh siswa tingkat sekolah dasar maupun SMP. Bertujuan menguji seberapa besar kemampuan siswa dalam penguasaan kosakata mereka. Permainan ini bisa dilakukan secara lisan atau tulisan. Adapun langkah- langkahnya adalah 

Secara lisan.
Pada pertemuan pertama, anda bisa menguji salah satu siswa secara lisan dengan menyebutkan kata kata tertentu, misalnya saja kata "BOOK".  Kemudian minta siswa lainnya untuk  membuat kata berdasarkan akhiran kata "BOOK" tersebut yaitu huruf "K" sebagai awalan dari kata tersebut, misalnya saja kata " KITE" lalu siswa lainnya melakukan hal yang sama, sebagai contoh kata "ERASER" dan seterusnya sampai siswa- siswa anda tidak bisa menebutkan kata berdasarkan akhiran huruf tersebut. 

Secara tulisan.
Instruksikan siswa untuk menyiapkan satu lembar kertas. Alokasikan waktu, misalnya lima menit untuk menulis berapa banyak kata dalam kertas tersebut. Saat waktu lima menit sudah selesai, anda bisa mengatakan "Stop, put your pens on your desks, dan siswa yang terbanyak menyebutkan kata adalah sebagai pemenang. Sebagai contoh :
SISWA A.
ERASER
RABBIT
TEA
APPLE
EGG
GUAVA

SISWA B
MOUNT
TEA
AVOCADO
OPEN
NEST
TENT

dan seterusnya.

#2. Menyusun kata
Permianan ini mengasah kemampuan siswa dalam menyusun kata menjadi sebuah kalimat dalam bahasa Inggris seara benar dan tepat. Caranya cukup mudah,
  • Bentuklah beberapa kelompok siswa.
  • Siapkan beberapa kertas karton berwarna yang berbeda tergantung dari berapa banyak kelompok yang dibentuk.
  • Gunting karton warna tersebut dalam bentuk persegi panjang. Gunakan satu warna untuk membuat satu kalimat yang terdiri dari sembilan kata, misalnya saja kalimat "Silkworms live for only three days after laying eggs".
  • Tuliskan kata tersebut pada karton warna tersebut dan gunting setiap "kata"-nya. 
  • Semua kelompok harus menukar dengan kelompok lainnya dan setiap keompok diberikan waktu selama dua atau tiga menit untuk menyusun kata tersebut menjadi kalimat yang benar. Saat waktu selesai, anda bisa memberikan tanda untuk menukar kalimat tersebut ke kelompok yang lain.


#3. Permainan Kata 'BOOM'
Permainan ini snagat menarik dan cocok diterapkan saat jam pelajaran terakhir saat siswa sudah mulai bosan dan tidak semangat. Caranya adalah 
  • Instruksikan siswa untuk berdiri, 
  • Suruh mereka untuk berhitung seperti berikut,

One - Two - Three - Four - BOOM
Six - Seven - Eight - Nine - Ten - BOOM
Eleven - Twelve - Thirteen - Fourteen - BOOM
Sixteen - Seventeen - Eighteen - Nineteen - BOOM
  • Kita ubah  angka kelipatan lima dan seterusnya dengan kata BOOM. Beberapa dari siswa pasti melakukan kesalahan dengan menyebutkan kata Five, Ten, atau Fifteen. Nah, siswa tersebut bisa kita kenakan "hukuman" yang ringan misalnya menyanyi atau hukuman ringan lainnya. 


#4. Permainan kata "SINGAPORE"
Permainan ini bisa dilakukan menjelang akhir jam pelajaran untuk memberikan penyegaran terhadap siswa.   
  • Bentuk kelompok siswa yang terdiri atas empat, lima atau enam siswa.
  • Silahkan tuliskan kata SINGAPORE pada papan tulis anda, 
  • Berikan waktu misalnya selama lima menit untuk membentuk kata berdasarkan kata SINGAPORE yang anda tulis tadi diatas. Kata- kata yang terbentuk mungkin akan menjadi kata - kata berikut ini, "SING", "GO", "IN", "APE", "SONG", "POOR", dan sebagainya.
  • Siswa atau kelompok yang menampilkan bentukan kata yang terbanyak dinyatakan sebagai pemenang.


#5. Tebakan benda
Permainan ini memberikan rangsangan siswa untuk mengetahui keadaan sekitar mereka, misalnya menebak benda di dalam kelas atau benda- benda di lingkungan mereka saat guru mengajak mereka belajar diluar kelas.
  • Buatlah pertanyaan seperti " In this classroom, I can see  with my little eyes something  that begins with 'C'...
  • Siswa pasti akan menebak benda yang berawalan dengan huruf tersebut seperti, chair, ceiling, atau cable.
  • Jika beberapa kata yang mereka sebutkan tadi bukanlah jawaban yang anda maksud misalnya saja jawaban anda adalah 'clock', maka anda dinyatakan menang.
  • Mainkan lagi beberapa awalan huruf lainnya seperti "H", "A" dan lainnya.


#6. Jumbled Words
Permainan ini melatih ketelitian siswa dalam merangkai kata dari huruf acak berdasarkan kategori tertentu. 
  • Tentukan kategori dari kata yang ingin anda bentuk, misalnya kategori hewan (animal).
  • Carilah kata dalam bahasa Inggris yang  dirasa sulit untuk dieja dan tuliskan kata tersebut dalam papan tulis.

H - C - K - O - A - C - C - R - O
COCKROACH

S - U - M - T - A - P - P - O - H - O - P - I
HIPPOPOTAMUS

#7. Memorizing
Permainan ini mengasah siswa untuk mengingat akan kata atau kalimat yang diucapkan oleh guru pertama kalinya kemudian diteruskan oleh siswa lain sebelumnya. 
  • Buatlah kalimat, misalnya saja memakai bentuk Present Tense, Past Tense, Future Tense, Passive Voice, atau bentuk Conditional sentence.

While visiting national park, the students never forget to bring camera.
  • Minta siswa untuk meneruskan kalimat anda dengan menambahkan satu item kata dibelakangnya, kemudian kalimat tersebut akan diteruskan oleh siswa berikutnya.

Sebagai contoh, 
  1. Siswa I :While visiting national park, the students never forget to bring camera, and book.
  2. Siswa II :While visiting national park, the students never forget to bring camera, book, and pen.
  3. Siswa III :While visiting national park, the students never forget to bring camera, book, pen, and handphone.
  4. Siswa IV :While visiting national park, the students never forget to bring camera, book, pen, handphone, and sun glasses.
  5. Siswa V :While visiting national park, the students never forget to bring camera, book, pen, handphone, sun glasses, and bag.

Dan seterusnya.

Nah, itulah tujuh permainan bahasa Inggris/ English Game untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Masih banyak sekali jenis permainan bahasa Inggris selain ketujuh diatas. Semoga dengan tulisan ini bisa menjadikan tambahan referensi agar supaya pembelajaran bahasa Inggris lebih mengasyikkan lagi.

Punya game- game lainnya? jangan sungkan untuk membagikannya melalui kolom komentar dibawah ini.
Terima kasih .
Semoga bermanfaat. 

Sumber http://www.ahzaa.net/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Surat Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG dalam Jabatan Tahun 2019
Mei 17, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Menyusul surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor:
B-1499/DJ.I/Dt.I.II/PP.00/05/2019 tanggal 13 Mei 2019 perihal Persiapan
Pelaksanaan Seleksi Akademik PPG dalam Jabatan Tahun 2019, bersama ini
kami sampaikan beberapa penjelasan tambahan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan seleksi akademik PPG dalam Jabatan bagi Guru Madarsah
Tahun 2019 pada tanggal 20 – 25 Mei 2019 diperuntukkan bagi calon
peserta PPG dalam Jabatan mata pelajaran PAI (Fikih, Quran Hadits,
Akidah Akhlak, dan Sejarah Kebudayaan Islam), Bahasa Arab, Guru Kelas
RA dan Guru Kelas MI;
2. Adapun calon peserta PPG dalam Jabatan mata pelajaran umum akan
dilaksanakan pada tahap berikutnya;
3. Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dan Kantor Kementerian
Agama Kabupaten/Kota berkewajiban melaksanakan pengawasan /
monitoring dan evaluasi pelaksanaan seleksi akademik PPG dalam
Jabatan bagi Guru Madrasah Tahun 2019 di wilayahnya masing-masing;
4. Adapun teknis pelaksanaan seleksi akademik PPG dalam Jabatan Tahun
2019 dimohon untuk melaksanakan hal-hal sebagai berikut:
a. Kanwil Kementerian Agama Provinsi melalui Kepala Bidang
Pendidikan Madrasah/Pendidikan Islam menugaskan petugas
Helpdesk Seleksi Akademik PPG Tahun 2019 sebagaimana
terlampir dalam surat ini;
b. Petugas Helpdesk sebagaimana dimaksud pada poin a di atas
bertugas untuk melakukan koordinasi teknis dengan Proktor Tempat
Uji Kompetensi (TUK) Seleksi Akademik PPG dalam Jabatan dan
Admin Simpatika pada Kanwil Kementerian Agama Provinsi. Adapun
rincian tugas petugas Helpdesk meliputi:
• Sosialisasi;
• Koordinasi Instalasi Aplikasi;
Koordinasi operasional aplikasi selama pelaksanaan kegiatan;
• Memastikan Protor menjalankan SOP aplikasi dengan baik;
• Koordinasi permasalahan dalam
. pengiriman hasil seleksi
akademik PPG dalam Jabatan;
• Meneruskan seluruh laporan pelaksanaan dan permasalahan
kepada tim teknis/pengembang aplika

Selengkapnya dapat di downlod di bawah ini 

Sumber https://pendidikanalmun.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Download Koleksi Bank Soal matematika SAINTEK UTBK 2019
Mei 17, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.



Tahun 2019 ini merupakan tahun pertama penyelenggaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pelaksanaan seleksi masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur tulis SBMPTN masih menggunakan kertas, soal dari tahun ke tahun dapat dengan mudah kita peroleh, termasuk pada blog ini yang menyediakan Soal SBMPTN dari tahun 2009 sampai 2018. 

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), menjadikan soal tes sangat sulit kita peroleh, namun sahabat m4thlab tidak perlu khawatir, pada kesempatan ini m4thlab akan membagikan soal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2019  khusus matematika SAINTEK. Untuk sementara jumlah soal terdiri dari 85 butir soal dengan format pdf yang dapat anda download kemudian anda print sebagai bahan latihan menghadapi pelaksanaan UTBK berikutnya. Adapun materi yang muncul pada matematika saintek UTBK 2019 ini diantarasanya adalah: Matriks, Trigonometri, Integral,  Sistem Persamaan, Pertidaksamaan Nilai Mutlak, Barisan dan deret, Irisan Kerucut (termasuk lingkaran), Suku Banyak (polinomial), Limit, Logaritma, Matematika keuangan, Permutasi, Kombinasi, Peluang, transformasi Geometri, Statistika, Dimensi Tiga (Bangun ruang), Fungsi, Vektor dll.

Baiklah tanpa basa-basi lagi, berikut ini soal UTBK 2019 Matematika Saintek: 



Download

Sebagian soal di atas sudah kami bahas di channel youtube m4thlab

Silakan download juga soal koleksi soal SBMPTN 10 tahun terakhir:



Semoga bermanfaat.

Sumber https://www.m4th-lab.net/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Lomba Coding Edusiber 2019 untuk Guru dan Siswa SMA/SMK
Mei 17, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Salam semangat buat Guru-guru serta Siswa/I SMA/SMK. Kabar gembira buat Guru-guru dan para Siswa SMA/SMK, Informasi terbaru sebutar Lomba Coding Edusiber 2019.
Apa itu Lomba Coding Edusiber 2019?


jadwal pelaksanaan Lomba Coding Edusiber  Lomba Coding Edusiber 2019 untuk Guru dan Siswa SMA/SMK

Memasuki revolusi industri 4.0 dimana masyarakat dituntut lebih kreatif dalam menciptakan aplikasi penunjang untuk kemudahan informasi dan komunikasi. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Pustekkom Kemendikbud) sebagai unit utama dibawah Kemendikbud yang berfungsi melaksanakan pengembangan dan pendayagunaan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan berinisiatif mengadakan lomba Coding Edusiber 2019 sebagai wadah untuk mencari bakat-bakat baru dalam kreasi aplikasi pada jenjang Guru dan Siswa. 

Adapun Tema Lomba yaitu : "Kepedulian terhadap Keamanan Informasi (Edusiber)" 

Tujuan Lomba Coding Edusiber 2019:
Lomba Coding Edusiber 2019 bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan para guru dan siswa dalam pemrograman komputer sekaligus memeriahkan rangkaiaan Anugerah Kihajar yang sudah dilaksanakan sejak 2006.

 Ketentuan Peserta : 

Peserta Lomba Coding Eusiber 2019 merupakan Peserta Individu yang dibagi menjadi 2 (dua) Kategori : GURU dan SISWA SMA/SMK. 

Dengan ketentuan Sekolah Asal Peserta harus berasal dari 12 Provinsi yang sudah ditentukan yaitu:
  1.  Aceh ;
  2. Kep. Riau;
  3. Jambi ;
  4. Banten ;
  5. DKI Jakarta ;
  6. Jawa Barat ;
  7. Jawa Tengah ;
  8. DIY ;
  9. Bali ;
  10. Kalimantan Selatan ;
  11. Sulawesi Tengah ; dan 
  12. Sulawesi Selatan
 Adapun Karya Aplikasi yang dilombakan merupakan hasil karya sendiri (bukan hasil karya orang lain) yang sesuai dengan Tema "Kepedulian terhadap Keamanan Informasi (Edusiber)".
Peserta membawa laptop dan modem sendiri. Dimana setiap peserta wajib menaati peraturan yang telah dietapkan oleh Panitia selama mengikuti Lomba Coding Edusiber 2019. 

Ketentuan Karya :  
  • Karya aplikasi yang dibuat peserta tidak melanggar hak cipta, tidak mengandung SARA dan Pornografi, dan dapat dipertanggung jawabkan ;
  • Karya aplikasi yang dilombakan dapat berupa Games dan Aplikasi Keamanan Siber : Cyber Security Awareness (Kepedulian Keamanan Siber) contoh : Games simulasi menangkal ancaman keamanan dan siber.  Cyber Security Tools (Perangkat Keamanan Siber), contoh: Panic Button, Antivirus, Aplikasi Monitoring dan Tracking
  • Poin-poin Penilaian Proposal : Desain dan Rancangan Aplikasi, Desan Basis Data, Inovasi Aplikasi.
  • Proposal Karya Aplikasi diunggah ke laman  https://edusibercoding.kemdikbud.go.id 
  • Proposal Karya Aplikasi yang telah diikutsertakan merupakan hak panitia dan tidak akan dikembalikan ;
  • Proposal Karya Aplikasi yang telah dikumpulkan dapat diedit/diperbaiki kembali oleh peserta sampai dengan penutupan pendaftaran (14 Juni 2019, pukul 23:59);
  • Peserta yang masuk ke seleksi Final Regional Provinsi menyelesaikan Karya Aplikasi sesuai dengan proposal karya aplikasi yang telah diunggah ke laman https://edusibercoding.kemdikbud.go.id   , apabila tidak sesuai maka peserta akan didiskualifikasi ;
  • Apabila ada peserta yang terbukti melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang telah ditetapkan akan didiskualifikasi dan pemberian penghargaan akan dibatalkan.  


Dan tidak kalah pentingnya, Hadiah bagi Pemenang. Berikut ini adalah Hadiah Pemenang untuk 2 Kategori :

Kategori Guru 

Juara I :
  • Plakat + Uang Pembinaan Rp. 10.000.000 + Laptop 
Juara II :
  • Plakat + Uang Pembinaan Rp 5.000.000 + Laptop 
Juara III : 
  • Plakat + Uang Pembinaan Rp. 3.000.000 + Laptop


Kategori Siswa 

Juara I :
  • Plakat + Uang Pembinaan Rp. 10.000.000 + Laptop 
Juara II :
  • Plakat + Uang Pembinaan Rp. 5.000.000 + Laptop
Juara III :
  • Plakat + Uang Pembinaan Rp. 3.000.000 + Laptop


Teknis Pendaftaran dan Pengumpulan Proposal 
  • Setiap peserta melakukan pendaftaran di laman https://edusibercoding.kemdikbud.go.id 
  • Pengunggahan berkas dimulai dari 1 April 2019 s.d 31 Mei 2019 
  • Panitia tidak menerima berkas yang dikirimkan melewati waktu registrasi tersebut 
  • Berkas yang diunggah ke laman https://edusibercoding.kemdikbud.go.id   ,  dengan format file .docx atau .pdf yang beriisi : Proposal Karya Aplikasi, Formulir Pendaftaran, Foto berwarna bebas format sebesar 4X6 untuk setiap pesrta 



Penting untuk diketahui, Peserta yang berhasil menyelesaikan pendaftaran akan mendapat notifikasi melalui email dan sms.

Berikut ini Proses Pendaftaran setiap Kategori :

Pendaftaran untuk Kategori Guru, silahkan klik DISINI 

Pendaftaran untuk Kategori Siswa/I SMA/SMK, silahkan klik DISINI 


Pengumuman Peserta Lolos Final Regional Provinsi :

Proses seleksi dan penjurian porposal karya aplikasi oleh tim juri akan dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2019 Pengumuman Finalis Regional Provinsi yang berhak mengikuti tahap final akan dilaksanakan pada bulan Juni 2019, melalui laman https://edusibercoding.kemdikbud.go.id 

Sumber :  edusibercoding.kemdibud.go.id


Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat Guru-guru serta Para Siswa yang ingin mengikuti kompetisi Coding Edusiber 2019. Salam semangat dan salam satu data. 




Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Contoh Procedure text dan jawaban: Sandwich
Mei 17, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Read the following text and answer Questions 1 to 4. 


Materials:
  • Two slices of bread
  • Content (fried-egg, strawberry jam, chocolate sprinkles, a sausage, etc.)
Steps:
  • First of all, take two slices of bread. 
  • Spread the bread with butter or margarine. 
  • Then, put anything you like on top of one slice of the bread. You can have a fried egg, some strawberry jam, (or any kind of jam), chocolate sprinkles, a slice of cheese, a sausage, or something else. 
  • After that, join the two slices of bread together, and your sandwich is ready!

1. What is the topic of the text?
A. How to make some snacks properly.
B. How to fill in some bread with jam.
C. How to prepare breakfast quickly.
D. How to spread jam on the bread. 
E. How to make a sandwich.

2. When do we put a fried egg or sausage on the bread?
A. While we bought the bread.
B. After we fried the egg or sausage.
C. Before we spread strawberry jam.
D. After we spread butter or margarine.
E. When we join the slice of bread.

3. What is the important thing in making a sandwich?
A. Choosing good kind of bread.
B. Choosing the best sausages.
C. Spreading many kinds of bread.
D. Joining two slices of bread.
E. Putting the filling between the bread.

Keterangan admin : Kami pribadi tidak begitu yakin dengan jawaban ini. Tidak ada informasi di teks secara tersirat terkait hal terpenting dalam membuat sandwich. Jika kita menjawab isi (filling) [jawaban E] dari sandwich itu, apakah berarti two slices of bread tidak penting [Jawaban D]? Begitupun sebaliknya. Jika ditanya hal terpenting dalam membuat sandwich, setiap orang mungkin akan memiliki jawaban berbeda. Ada yang menjawab jenis 'sausage', dan mungkin ada yang menjawab isi (filling). Bahkan boleh jadi ada yang menjawab jenis rotinya. 

4. ... chocolate sprinkles, a slice of cheese, a sausage, or something else.
Which of the following words has similar meaning to the underlined word?
A. Spreads 
B. Joins 
C. Fills 
D. Slices 
E. Scatters

Keterangan admin : Kami tidak yakin dengan pilihan ini. Chocolate sprinkles bermakna butiran coklat / cokelat butir. Cokelat butir ini umumnya dinamai dengan meses atau meises. `Sprinkle` dalam konteks ini bisa dimaknai butir.
Sumber teks dan soal: Naskah dokumen asli Ujian Nasional SMA 2018. 


Sumber https://englishahkam.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Awas, Onani/Masturbasi Membatalkan Puasa
Mei 17, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Halo teman-teman kali ini kita bahas salah satu kajian Fiqh tentang hal-hal yang membatalkan puasa. Salah satu kegiatan yang membatalkan puasa adalah onani alias masturbasi. Nah jadi bagi kalian yang masih hobi melakukan kegiatan haram ini harus ditinggalkan. Onani atau masturbasi adalah rangsangan fisik yang dilakukan terhadap kelamin untuk menghasilkan perasaan nikmat, mani ketika itu dikeluarkan paksa dengan cara disentuh atau digosok-gosok.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Ibnu Qudamah dalam Al Mughni berkata, “Jika seseorang mengeluarkan mani secara sengaja dengan tangannya, maka ia telah melakukan suatu yang haram. Puasanya tidaklah batal kecuali jika mani itu keluar. Jika mani keluar, maka batallah puasanya. Karena perbuatan ini termasuk dalam makna qublah yang timbul dari syahwat”. Memang ada onani yang diperbolehkan khusus untuk pasangan yang telah menikah yaitu dengan isterinya, tapi kalau masih bujangan alias single jangan dilakukan.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Imam Nawawi dalam Al Majmu’ (6: 322) berkata, “Jika seseorang mencium atau melakukan penetrasi selain pada kemaluan istri dengan kemaluannya atau menyentuh istrinya dengan tangannya atau dengan cara semisal itu lalu keluar mani, maka batallah puasanya. Jika tidak, maka tidak batal”.

 
Masturbasi membatalkan puasa

Onani secara ilmiah dapat memberikan dampak negatif diantaranya sebagai berikut:
1. Ejakulasi Dini
Keseringan onani bisa berakibat ejakulasi dini karena terlalu sering dengan sentuhan diri sendiri. Dampaknya ketika bersentuhan dengan pasangan akan kesulitan mencapai kenikmatan. Masalah lain adalah fekuensi onani tinggi akan menimbulkan lecet sampai pembengkakan organ intim karena tidak menggunakan pelumas.
2. Rasa Berdosa
Onani akan membuat efek psikologi karena berbenturan dengan nilai agama karena menjadi dosa. Efek rasa bersalah ini bisa memicu kepada penyakit fisik seperti sakit punggung, sakit kronis dan migrain.
3. Menurunnya Produktifitas
Masturbasi yang keseringan akan menjadi kebiasaan sehingga lambat laun akan menurunkan produktifitas kerja. Onani seperti candu jadi sekali dilakukan akan terus keseringan. Jadi usir nafsu untuk onani dengan kegiatan lain seperti bermain bola, kerja kelompok, touring atau lainnya. 
4. Memicu Penyakit Prostat
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemuda sering onani memiliki resiko kanker prostat yang lebih tinggi, namun pada orang tua data menunjukkan hal sebaliknya.

ㅤㅤㅤIntinya, onani menyebabkan puasa batal dan wajib mengqodho’, tanpa menunaikan kafarat.
ㅤㅤSemoga bahasan singkat ini menjadi ilmu yang bermanfaat. Semoga Allah memberi kita taufik untuk melaksanakan puasa dengan sempurna dan moga kita senantiasa mendapat taufik untuk meninggalkan yang haram. Aamiin. Gambar: https://indonesiainside.id/

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Lulus Pretest! Apa Saja Persiapan PPG Tahun 2019? Ini Persiapannya
Mei 17, 2019
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Lulus Pretest! Apa Saja Persiapan PPG Tahun 2019? Ini Persiapannya - Guru Jugan. Untuk lulus Pretest saja perlu usaha, seperti artikel sebelumnya tentang 7 Cara Agar Lulus Pretest PPG 2019, tentu untuk lulus PPG DJ (Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan) tahun ini perlu usaha lebih plus contoh yang riil.

Nah pada kesempatan kali ini, Guru Jugan berhasil merangkum pengalaman seorang teman sekaligus mentor dalam beberapa bidang, salah satunya di bidang IT yang kebetulan baru saja lulus PPG, beliau mau berbagi pengalaman tentang apa saja yang harus dipersiapkan setelah lulus pretest PPG.



Berikut ini yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan secara matang oleh PTK Jika sudah lulus pretest PPG Dalam Jabatan Tahun 2019.

Penilaian oleh LPTK :

A. Penilaian Hasil Pendalaman Materi

1. Absensi kehadiran
2. Bertanya sesuai materi
3. Mencatat materi
4. Membawa modul

B. Penilaian Proses Dan Produk Pengembangan Perangkat Pembelajaran

1. Absensi kehadiran
2. Presentase tugas
3. Pengumpulan produk :
    a. Buat email
    b. Buat blog/web
    c. Buat proposal PTK
    d. Buat RPP

C. Penilaian Proses Dan Produk PPL

1. Absensi kehadiran di PPL
2. Pembuatan produk :
    a. Silabus, Prota, Promes, RPP
    b. Laporan PPL

D. Penilaian Kompetensi Kepribadian Dan Sosial

1. Kerjasama kelompok
2. Pengumpulan tugas pribadi
3. Penginputan data pribadi
4. Berpakaian rapih dan sopan
5. Bersikap ramah tamah
6. Bertutur kata yang baik
7. Tidak terlambat ke kelas
8. Tidak tidur di kelas
9. Tidak merokok di kelas

Penilaian oleh Panitia Nasional (Uji Kompetensi Mahasiswa PPG) :

A. Uji Kinerja (UKin)

    1. RPP 1 x pertemuan
    2. Bahan ajar di power point
    3. Alat peraga dibuat
    4. Bisa operasional projektor
    5. Di nilai 2 orang dosen
    6. Penilaian langsung di kelas
    7. Madrasah unggulan
    8. Passing grade lulus 70

B. Uji Pengetahuan (UP)

    1. Di ruang lab.komputer
    2. Bisa operasional komputer
    3. Waktu ujian 4 jam
    4. Jumlah soal 200-300
    5. Soal sistem random
    6. Passing grade lulus 65
    7. Dilarang keluar kelas, kecuali :
        a. Buang air besar
        b. Buang air kecil
        c. Keduanya dikawal
    8. Dilarang bawa minum
    9. Dilarang bawa makanan

Tambahan :

1. Tidak lulus UKin, ikut remedial
2. Biaya remedial UKin 1jt
3. Tidak lulus UP, ikut remedial
4. Biaya remedial UP 300rb
5. UKin lulus, UP tidak lulus = Tidak Lulus
6. UKin tidak lulus, UP lulus = Tidak Lulus
7. UKin lulus, UP lulus = Lulus

Estimasi biaya hidup selama kegiatan PPG :

1. Kosan 500rb/bulan
2. Transportasi 15rb/hari
3. Makan 15rb/makan
4. Biaya cetak tugas :
    a. Tugas RPP lengkap
    b. Proposal PTK
    c. Laporan PTK
    d. Laporan PPL
5. Biaya seragam 200rb
6. Biaya iuran tak terduga
7. Biaya beli buku
8. Biaya cadangan

Catatan Agar Hemat :

1. Kontrak rumah 1jt/bulan
2. Dalam 1 rumah banyak kamar (jadi bisa ajak kawan2)
3. Masak sendiri
4. Bawa kendaraan sendiri
5. Bawa leptop
6. Bawa printer
7. Bawa kertas HVS
8. Jangan bawa perhiasan
9. Lama PPG 3 bulan setengah

Semoga yang akan PPG DJ Kemenag 2019, bisa mengikutinya tanpa ada halangan apapun dan kembali membawa predikat Guru Profesional dengan diberikannya Sertifikat Pendidik, aamiin yaa robbal 'aalamiin

_Mohon maaf semuanya, tanpa bermaksud "sok tau" atau apalah, semata-mata hanya ingin berbagi cerita dan pengalaman. Mudah-mudahan bisa membantu rekan2 guru yang akan PPG 2019 dalam mempersiapkan segala halnya di jauh-jauh hari 🙏

Rangkungan bagi yg akan mengikuti PPG 2019. Jika lulus Pretes nantinya

Statment & Motivasi By :
Pak Hamdi Je-Be
Lulusan PPG 2018


Baca Juga Artikelt Terkait :


Silahkan Share Artikel ini 
Dengan cara klik link medsos disamping
Atau link medsos dibawah ini


Sumber https://www.gurujugan.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Label 2

Ads 728x90